Wanita Jangan Takut Tinggal di Tempat Mertua, 70,8% Pria Aktif Cari Rumah
Tinggal di Tempat Mertua (Foto: Vemale)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Sebanyak 70,8 persen ditempati gender laki-laki sebagai pihak paling aktif dalam mencari properti.

Tidak hanya itu, survei juga memperlihatkan bahwa sekarang ini kebiasaan umum yang dijalankan masyarakat dalam mencari properti ialah dengan kata kunci.

Kenaikan harga properti yang kian meningkat bahkan sampai 10 persen tiap tahunnya membuat masyarakat langsung berfikir untuk berinvestasi.

Di sisi lain, kalangan pelaku bisnis juga mengetahui kalau semakin waktu berjalan, properti akan terus tinggi juga harganya.

Meski demikian, hasil survei semester II-2016 dalam ssalah satu situs Indonesia memperlihatkan bahwa properti merupakan salah satu sektor pengeluaran pertama yang di posisi kedua ada pendidikan. Sekitar 60,5 persen masyarakat aktif melakukan pencarian properti.

“Ke depannya masyarakat Indonesia diharapkan akan semakin teredukasi bahwa semakin lama menahan diri membeli rumah, berarti akan merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan hunian di lokasi dan luasan sesuai keinginan,” jelas Country General Manager salah satu situs Indonesia, Ignatius Untung dalam siaran pers, Rabu (26/10).

Dalam survei itu diperoleh juga fakta, suami dan istri merupakan pihak yang berinisatif dalam melakukan pencarian properti.

Lokasi, Harga, dan Desain

Menurut analisis, masyarakat yang semakin mapan dari segi umur tak akan lagi memikirkan desain dan harga.

Golongan tersebut mempunyai kecenderungan berfokus pada lokasi, akan tetapi berbeda dengan kalangan muda yang akan mencari dengan kata kunci desain.

Rumah tapak masih jadi pilihan daripada apartemen atau lainnya. Properti dalam bentuk rumah tapak kembali jadi preferensi utama, yaitu sebanyak 88,6 persen.

Sementara itu, kelompok properti ruko, kantor, atau kawasan komersial juga begitu diminati dan menempati posisi kedua jenis properti sangat diminati.

Selanjutnya, para pembeli properti mempunyai perilaku umum mendatangi sejumlah lokasi hunian incaran sebelum menjalankan pembelian. Sebanyak 78,05 persen memperlihatkan tren ini, sedangkan keputusan yang diambil saat mendatangi pameran hanya 12.76 persen.

Sementara fakta dilapangan menyebutkan pengunjung pameran sebanyak 60% didominasi oleh pengunjung pria dan 40% untuk wanita. Selain itu, sebanyak 89% orang yang datang ke pameran untuk membeli rumah pribadi dan 11% berinvestasi.

“Beli di pameran lebih efisien waktu, bisa mendatangi langsung semua proyek dan yang cocok bisa langsung saya booking fee,” menurut salah satu pengunjung pameran, Ria Rizki saat ditemui INAPEX.co.id yang tengah mencari hunian di kawasan Depok, belum lama ini.

(kps)