Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)
Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Mayoritas masyarakat belum mengerti kapan waktu yang tepat beli properti, termasuk rumah dan apartemen yaitu membeli pada saat harga perdana (early bird), bahkan ketika masih dalam tahap pembangunan.

Kemudian, beberapa saran lainnya seperti pilih lokasi yang sedang berkembang (sunrise), dan dekat dengan berbagai pusat kegiatan. Padahal masing-masing pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Hal tersebut seperti dijelaskan, Helmi Marketing Indonesia Properti Expo (IPEX), membeli properti disaat early bird bukan berarti tanpa masalah, namun harus diperhatikan juga mengenai kualitas yang belum diketahui dan investasi selama unit belum dapat dimanfaatkan.

“Biasanya, kalau yang harga perdana itu pertama kualitas bangunannya kita nggak tahu bagaimana. Harganya lebih murah, tapi investasi kita tidak berkembang selama dua sampai tiga tahun karena tidak bisa disewakan,” kata Helmi, saat ditemui INAPEX.co.id, di Jakarta, Senin (16/1).

Beda halnya dengan membeli properti ketika sudah jadi. Selain dapat melihat langsung kualitas bangunannya, properti tersebut sudah langsung dapat dipakai atau menjadi passive income apabila disewakan. Namun harga properti biasanya sudah mahal.

Dalam perbincangan ini, Helmi juga menjelaskan kelebihan berkunjung di pameran properti di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 11 sampai 19 mendatang. Menurutnya, dengan berkunjung di pameran IPEX 2017 para pencari properti dapat berdialog dan berkomunikasi langsung dengan developer. “Bahkan konsumen properti tak perlu melakukan survay dari satu lokasi ke lokasi di daerah lain, tapi cukup dikunjungi di satu tempat yaitu di JCC. Jadi konsumen properti lebih efisiensi waktu untuk mencari informasi tentang prospek hunian diseluruh Indonesia disatu tempat saja,” katanya.

Sementara itu, Pameran Indonesia Property Expo memiliki berbagai kesempatan bagi calon konsumen properti untuk memanfaatkan banjir promo harga rumah serta dapatkan kemudahan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan cicilan sangat ringan, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Melalui pameran properti terbesar di Asia Tenggara tersebut masyarakat juga bisa menikmati kebijakan khusus seperti layanan KPR Non Subsidi Bunga, KPR Subsidi Bunga dan Uang Muka, diskon provisi, serta jangka waktu kredit hingga 25 tahun.

Pameran IPEX 2017 yang diprakarsai oleh PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk bekerjasama PT.Adhouse Indonesia Cipta, menggandeng ratusan pengembang serta memasarkan rumah dengan harga terjangkau yang berlokasi diberbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai ajang pengembangan bisnis disektor properti, IPEX 2016 melalui Bank BTN juga memberikan berbagai layanan kemudahan dalam pembiayaan perumahan serta mendukung program Satu Juta Rumah yang telah dicanangkan pemerintah.

Ajang IPEX 2017, akan menyuguhkan ratusan proyek perumahan baru yang tersebar di seluruh Indonesia. Penyediaan rumah layak huni menjadi alternatif untuk kepemilikan rumah bagi masyarakat yang ingin membeli dengan cara tunai maupun skema KPR perbankan.