Untuk Desain Interior, Kalangan Menengah Dapat Harga Khusus Rp.450.000
Desain Ruang Makan (Foto: tarharya)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Mendesain interior bukan hanya sekedar mempercantik ruangan jadi sebuah hunian. Desain yang indah juga bisa memberikan pengalaman tersendiri untuk penghuninya.

Akan tetapi, masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah, pada umumnya enggan menyewa jasa desainer sebab harganya sangat mahal.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, perusahaan desain asal Singapura, ETHOSpace dengan anak usaha bekerjasama dengan PT Jaya Real Property Tbk, yaitu E&U, menyediakan paket khusus bagi masyarakat menengah.

“Untuk kelas menengah, kami menyediakan paket desain saja dengan harga normal Rp.500.000 per m2. Saat ini ada promo Rp.450.000 per m2,” papar Direktur E&U Anoop Vaswani, di Jakarta, Rabu (23/11).

Harga tersebut, lanjutnya, terhitung wajar bagi kelas menengah untuk mendapatkan desain mewah tanpa harus mengeluarkan biaya yang menguras dompet. Adapun harga promosi dibedakan dengan normal, sebab pengerjaannya tak termasuk lantai dan kamar mandi.

Anoop menjelaskan, paket tersebut hanya berlaku untuk jasa desain. Sedangkan untuk desain bangunan biayanya dikenakan mulai Rp.4,5 juta per meter persegi. Tidak hanya itu, paket rancang bangun juga ada yang dihargai mulai 13 persen hingga 18 persen dari harga rumah.

Anoop menilai bahwa saat ini E&U lebih fokus menyasar pasar menengah di Indonesia. Pasar tersebut sangat potensial, mengingat tiap tahun angkanya terus meningkat.

Selain itu, Anda dapat mengganti nuansa di dalam rumah dengan memakai barang-barang dekoratif mulai dari jutaan rupiah sampai tidak mengeluarkan biaya apa pun.

Kontributor The Huffington Post sekaligus Chief Creative Officer dari Lamps Plus, Manja Swanson mengklaim, bisa mengubah tampilan rumah dengan biaya di bawah Rp.1,3 juta.

Pertama-tama, buka gorden di rumah. Selain menjadikan ruangan lebih segar, tips ini pun tidak memperlukan biaya sedikitpun.

Kedua, beri sentuhan warna berbeda ke dalam dekorasi. Anda dapat mulai dengan karpet berwarna beda dari sebelumnya atau sofa terbaru untuk menambahkan aksen di dalam interior.

Ketiga, percantik tampilan interior rumah dengan memakai hasil proyek prakarya buatan sendiri atau anak Anda. Keempat, perbarui dengan mengganti pencahayaan di dalamnya, karena bisa mempengaruhi tampilan rumah.

Kelima, atur posisi dan tata furnitur di rumah. Perubahan sederhana, seperti ini dapat memberikan efek sama dengan mengubah dekorasi interior seluruhnya.

(kps)