Tol Jakarta Langsung Ke Semarang, Pemerintah Jamin Insiden "Brexit" Tak Terulang
Mudik Sekarang Lebih Mudah. Dari Tol Jakarta Bisa Langsung Ke Semarang (Foto: optidaily)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sudah memastikan jalan tol dari Jakarta hingga Semarang bisa dilewati pemudik lebaran 2017.

Dia mengatakan hal tersebut setelah melaksanakan tinjauan pembangunan Ruas Tol Batang-Semarang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (9/1).

“Mudik 2017 bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi sampai ke Ngaliyan, Semarang. Walaupun fungsional namun sudah dilapisi beton,” tutur Basuki.

Tidak hanya ruas Batang-Semarang, Kementerian PUPR juga akan memfungsikan dua ruas lainnya seperti Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 serta Pemalang-Batang.

Akan tetapi, kemudahan ini malah memunculkan kekhawatiran akan terjadinya euforia berlebihan dari masyarakat yang mengakibatkan kemacetan parah seperti halnya yang terjadi di Gerbang Tol Keluar Brebes Timur atau Brebes Exit (Brexit) saat mudik 2016 lalu.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto memastikan kondisi di Brexit tahun lalu tak terulang kembali walaupun tetap ada sejumlah titik kepadatan di ruas tol tersebut.

“Akan ada kepadatan di Waleri dan di Pengalihan (Semarang). Namun demikian, kami prediksi tidak akan separah Brebes dulu karena banyak pilihan untuk keluar sebelum pengalihan,” imbuh Arie.

Selain itu juga tak ada konflik perlintasan sebidang dengan kereta api, dan sejak jauh hari akan disiapkan lebih banyak rekayasa lalu lintas dibanding Brexit.

Guna memperlancar arus mudik, sudah dioperasikan pembangunan lima jalan layang di perlintasan sebidang kereta api di Dermoleng-Ketanggungan, Klonengan-Prupuk, Karangsawah, Kretek-Paguyangan, dan Kesambi.

Sebelumnya, pembangunannya ruas Tol Batang-Semarang belum selesai 100 persen dapat difungsikan, dan melayani arus mudik Lebaran 2017.

Para pemudik juga bisa langsung melaju dari Tol Dalam Kota Jakarta hingga ke Kota Semarang.

Ruas Tol Batang-Semarang adalah bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang pencanangannya dilakukan pada Juni 2016. Targetnya, operasional ruas bebas hambatan tersebut pada Desember 2018 mendatang.

Dalam tinjauan progres pembangunannya, Jokowi menjelaskan bahwa Ruas Tol Batang-Semarang adalah masalah besar yang tak bisa cepat diselesaikan sejak tahun 2006.

“Tapi sekarang, alhamdulillah, saya sudah dapat laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hari ini khusus yang di Batang sudah 100 persen lahannya selesai,” ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan, kondisi serupa di Kendal, dan Semarang juga bisa dipastikan maksimal 100 persen selesai. Jika pembebasan lahan sudah rampung, konstruksi bisa dilakukan dengan cepat.

“Kalau lahan rampung, namanya konstruksi sudah kebut-kebutan, ini bisa kita pakai pada saat lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pantura,” tutup Jokowi.

(kps)