Ilustrasi. (Foto: mediamaya)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Banyak cara untuk menyiasati dapur minimalis diantara ruang dengan ukuran kecil namun tetap menarik. Pembagian ruangan dirumah minimalis didasarkan pada kebutuhan dan fungsi. Dapur, misalnya. Rumah minimalis, dapur biasanya tak kebagian jatah lahan luas.

Kendati demikian, bagi penghuni masih bisa menyiasati dapur mungil agar terasa lega. Berikut tips untuk menyiasati dapur minimalis agar telihat lega dan menarik;

1. PERALATAN

Karena luas dapur terbatas, sebaiknya menggunakan peralatan dapur yang minimalis. Misalnya, kompor dan lemari es dengan ukuran lebih kecil.

2. BAK CUCI

Menggunakan bak cuci piring model tunggal yang sederhana tentunya lebih hemat ruang sehingga membuat ruang dapur yang sempit jadi terasa luas.

3. PENYIMPANAN

Siasati dinding dapur yang kosong untuk meletakkan peralatan dapur dalam rak serta mendekorasi dengan beberapa hiasan agar dapur minimalis tetap menarik.

4. WADAH

Buat tempat penyimpanan untuk menampung peralatan lainnya dalam sebuah wadah seperti menyimpan wajan, panci, pisau, rempah-rempah, dan tempat sampah.

5. LEMARI

Pasang lemari kabinet tinggi agar bisa menjadi pilihan untuk ruang penyimpanan dan menghemat ruang. Lemari setinggi langit-langit juga dapat membantu visual memperluas ruang.

7. TANPA PINTU

Langkah ini paling tepat untuk dapur minimalis. Lebih baik lagi jika menghilangkan tembok pembatas ruang. Dapur tanpa sekat bukan sekadar gaya, tapi lebih pada manfaat membuat ruang ekstra sehingga memperkecil risiko Anda tersenggol perabot saat sedang memasak.

8. PILIH

Simpan hanya yang terbaik. Misal, pisau terbaik, set gelas favorit, teko yang keren, alat-alat dapur yang paling sering digunakan, dan sebagainya. Penghuni harus tegas ketika menyortir barang-barang.

Selain beberapa tips yang bisa diterapkan di hunian minimalis, contoh desain hunian modern juga banyak ditemui di maket-maket yang ditampilkan oleh pengembang pada pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) mulai 27 Juli – 4 Agustus 2019 di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Dalam ajang pameran IPEX yang melibatkan ratusan pengembang perumahan tersebut akan menampilkan beragam jenis proyek properti terbaru mulai dari rumah tapak, apartemen, hotel, condotel hingga ruko serta perkantoran.