Beli Rumah Tanpa DP dan Berhadiah Mobil, Ini Pilihannya!
Ilustrasi (Foto: dok.inapex)

 

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Banyak alasan untuk beli properti harus menunggu moment tertentu. Apalagi moment tersebut tersedia di event Indonesia Properti Expo (IPEX) yang berlangsung secara reguler di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Apalagi, melalui event terbesar di Indonesia ini menampilkan ratusan proyek terbaru dengan melibatkan peserta dari pengembang diseluruh tanah air.

“Tentunya pameran ini tak lepas dari partisipasi para peserta yang telah menyiapkan banyak harga promo hingga cashback puluhan juta. Jadi kesempatan ini ternyata sangat membantu meringankan beban maupun mempermudah konsumen yang ingin memiliki rumah sendiri,” ungkap Aldy Pratama Marketing IPEX, saat ditemui INAPEX.co.id, Jum’at (22/9).

Menurutnya untuk mewujudkan impian bisa mempunya rumah sebaiknya jangan ditunda. Kendati demikian, sebelum beli rumah dibutuhkan informasi sebanyak-banyaknya serta kehati-hatian dalam memilih pengembang. Berikut alasan kenapa harus beli properti;

1. Harga rumah yang cenderung meningkat

Bukan rahasia lagi jika harga properti selalu bertambah setiap tahunnya. Jika Anda menunggu hingga usia tertentu untuk mulai membeli rumah, tentunya di saat Anda mencapai usia tersebut maka harga rumah sudah selangit. Bahkan Anda belum tentu mampu membayar cicilannya.

2. Lahan yang makin sempit

Tak hanya harganya yang terus naik, lahan untuk perumahan di kota besar tentunya makin menyusut seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Jika tak segera mencari rumah yang lokasinya sesuai dengan keinginan Anda, bisa-bisa Anda mendapatkan rumah yang lokasinya superjauh, bahkan Anda keburu lelah duluan untuk mencapainya.

3. Jangka waktunya lebih fleksibel

Bayangkan jika Anda baru mulai membeli rumah di usia 40 tahun. Mengingat usia produktif Anda hanya tersisa 15 tahun lagi, Anda pun tak bisa mengambil jangka waktu KPR yang lama, sesegera mungkin harus dilunasi.

Padahal, jika Anda mulai mengajukan KPR di usia 20-an, kemungkinan bank akan lebih cepat menyetujuinya dan Anda bisa mengambil waktu cicilan yang panjang sehingga cicilan bulanannya tak terlalu membebankan.

4. Umur masih produktif

Serius, deh, di usia muda, Anda akan lebih semangat mencari tambahan penghasilan dibandingkan memasuki usia paruh baya nantinya. Pasalnya, semangat Anda masih membara, dan tenaga pun masih kuat.

Menjalani beberapa pekerjaan sekaligus pun masih sanggup dilakukan, sehingga Anda masih bisa mencari berbagai pemasukan untuk mencicil biaya KPR. Sambil menjalani pekerjaan rutin, Anda pun dapat membuka usaha sampingan. Misalnya usaha yang dilakukan secara online.

5. Bebas utang lebih cepat

Lebih cepat mencicil KPR, lebih cepat pula Anda menyelesaikan cicilannya. Jika cicilan selesai di saat usia Anda belum terlalu lanjut, Anda masih punya waktu untuk mengalokasikan dana yang tadinya untuk KPR menjadi dana lainnya.

Misalnya, digunakan untuk traveling bersama keluarga. Anda pun akan lega lebih cepat karena sudah bebas utang.