Tanpa disadari, Hal Berbahaya Ini Biasa dilakukan Karyawan
Hal Berbahaya Ini Biasa dilakukan Karyawan (Foto: metishr)

 

INAPEX.co.id, – Sebagian karyawan tanpa disadari melakukan hal berbahaya setiap hari di tempat bekerjanya.

Peringatan No smoking area, merokok membunuhmu, dan bahkan kata-kata lain yang menganjurkan untuk berhenti merokok sudah menjadi hal yang dianggap sepele dan biasa saja.

Padahal dari asap rokok tersebut yang tidak kita sadari sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Peringatan itu juga sudah tertera di setiap bungkus rokok namun produksi rokok masih saja bebas terbatas.

Siapa saja boleh merokok bahkan anak-anak sekarang yang masih dibawah umur sudah berani untuk merokok. Di mana saja mereka bebas merokok bahkan di ruangan ber-AC sekalipun, meski sudah ada tulisan dilarang merokok.

Tidak jarang kita dijumpai seperti di kantor, tempat-tempat umum, yang menimbulkan bau asap rokok yang membuat nafas kita menjadi sesak.

Pemerintah sekarang sudah menetapkan peraturan bagi perokok untuk tidak merokok di berbagai tempat-tempat umum, namun masih saja yang banyak melanggar peraturan itu.

Pada umumnya mereka yang perokok aktif sudah tahu bahaya dari merokok itu sendiri.

Kesehatan mereka terancam bukan saja yang perokok aktif namun mereka juga yang tidak merokok terkena dampaknya, terlebih jika mereka merokok di dalam ruangan ber- AC ini akan berdampak pada kesehatan paru-paru.

Jika kita merokok dalam ruangan tertutup atau yang ber-AC, udara yang sudah teracuni tadi kita hidup kembali, bahayanya dua kali lipat dibandingkan dengan yang merokok di luar ruangan. Berikut bahaya gangguan kesehatan akibat asap rokok;

  1. Iritasi mata
  2. Sesak nafas
  3. Batuk
  4. Sakit pada tenggorokan
  5. Pusing dan sakit kepala
  6. Dan sangat berbahaya bagi anak-anak akan berakibat fatal jika ini terjadi pada anak-anak akibat asap rokok itu sendiri.
  7. Bagi ibu hamil juga akan berdampak pada janinnya.
  8. Penyakit lain yang bisa berakibat pada kematian

Larangan akan merokok di ruangan ber-AC hanya hiasan dinding belaka jika orang tersebut tidak ingin berhenti untuk merokok. Berikut cara untuk mengurangi ketergantungan rokok;

  • Melakukan kegiatan positif seperti berenang, bersepeda, dan berolahraga lainnya
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Menyibukan diri setelah makan
  • Mengganti rokok seperti permen
  • Menekadkan niat untuk tidak mengkonsumsi rokok
  • Meminta bantuan untuk orang terdekan untuk menghindari merokok.

Dampak nyata dari merokok di ruangan ber- AC adalah kematian, maka sayangi diri anda dan orang-orang di sekitar Anda dari sekarang dan tidak menunggu hingga esok.