Ilustrasi Kondotel. (Foto: 3DArtist.com)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id- Bagi para pencari hunian, baik rumah atau apartemen, nomor satu yang menjadi pertimbangan adalah harga. Setelah itu, lokasi, aksesibilitas, dan fasilitas hiburan terdekat atau yang disediakan oleh pengembang.

Namun, pada kenyataannya, seringkali empat hal ini tidak linear dalam satu paket hunian yang ditawarkan pengembang. Ada hunian yang harganya murah, namun fasilitas disekitarnya tidak mendukung dan lokasinya berada di ujung perbatasan terjauh dengan pusat kota penyangga Jakarta.

Fasilitas hiburan atau entertainment dibutuhkan bagi para penghuni khususnya yang merupakan keluarga  muda. Dengan aktivitas padat seminggu penuh, fasilitas hiburan dibutuhkan untuk meredakan penat. Dengan lengkapnya fasilitas hiburan, memudahkan keluarga muda untuk bersantai bersama keluarga kecilnya.

 

ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

Fasilitas yang diberikan oleh developer ini tentunya harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan umum penghuni yang tepat sasaran. Fasilitas tersebut dapat mencakup keamanan, kebutuhan dasar, serta kenyamanan penghuninya. Berikut ini, 5 fasilitas yang harus ada di hunian Anda.

1. Keamanan 24 jam
Keamanan tentu menjadi prioritas pada fasilitas yang disediakan oleh developer. Oleh karena itu, sistem keamanan yang terorganisasi dengan baik menjadi syarat utama yang harus dimiliki agar dapat membuat penghuni merasa aman dan nyaman.

 

keamanan
keamanan (foto : oinksecurity.com)

 

Salah satu caranya adalah dengan digunakannya sistem kunci elektronik khusus yang hanya bisa dibuka oleh si pemegang kunci tersebut. Selain itu keamanan dapat diperkuat juga dengan pengawasan melalui CCTV dan penempatan petugas keamanan yang dilengkapi alat serta sistem pengamanan yang ketat di lobby dan pintu keluar-masuk untuk mengawasi dan mengamankan traffic yang terjadi setiap harinya di gedung apartemen.

 

2. Fasilitas Olahraga

 

 

jogging-track
jogging track (foto : shopandhomes.com)

 

Pada apartemen, fasilitas olahraga juga merupakan fasilitas pokok yang harus disediakan, salah satunya adalah kolam renang. Selain sebagai fasilitas olahraga, kolam renang juga dapat menjadi fasilitas untuk rekreasi atau bersantai para penghuninya dari dewasa hingga anak-anak, sehingga banyak juga didapatkan pada area kolam renang yang dilengkapi dengan taman bermain anak atau outdoor umbrella space untuk sekedar bersantai dan meluangkan waktu bersama keluarga. Selain itu untuk fasilitas olahraga lainnya, tak jarang apartemen yang juga menyediakan fasilitas gymnasium hingga jogging track.
 
3. Pusat Perbelanjaan

 

mall-apartement
Mall Apartemen (foto : rumahdijual.com)

 

Sebut saja mini market yang menyediakan kebutuhan sehari-hari. Untuk melengkapi kebutuhan harian, Anda cukup turun dari unit kamar dan tidak perlu keluar dari gedung apartemen, kebutuhan yang ingin dibeli sudah tersedia. Terlebih untuk apartemen-apartemen yang terhubung dengan shopping mall yang dilengkapi restaurant atau toko-toko retail lainnya, Anda tidak perlu repot lagi jauh-jauh bepergian untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

 

4. Transportasi

 

shuttle-bus
Shuttle Bus (foto : rumah.com)

 

Beberapa apartemen sudah menerapakan dan menawarkan free shuttle bus bagi para penghuninya. Dengan menggunakan free shutle, akan mengurangi tingkat pemakaian kendaraan pribadi dan dapat membantu mengurai kemacetan. Shuttle bus dapat menjadi pilihan yang tepat dan berguna bagi Anda yang tidak ingin menyetir sendiri dan yang tidak memiliki kendaraan.

 

5. Laundry

 

laundry-apartemen
Laundry Apartemen (foto: laundrycafe.co.id)

 

Kebanyakan gedung apartemen di Indonesia sudah menyediakan jasa laundry di dalam kompleks apartemen tersebut. Ini berarti penghuni bisa dengan mudah mencuci baju dan tidak perlu jauh dalam penitipan serta pengambilan pakaian yang dicuci. Bahkan, banyak laundry yang menyediakan jasa pengambilan dan pengantaran cucian tepat di depan pintu unit apartemen.

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh developer ini tentunya, berguna untuk memudahkan penghuni apartemen. Efisiensi, kepraktisan dan kecepatan disediakan untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi penghuninya. Fasilitas apartemen dan apartemen itu sendiri bisa menjadi gaya hidup Anda yang baru.

Namun, apakah ada hunian dengan fasilitas lengkap yang ramah di kantong? Jika pun ada pengembang yang menawarkan hunian dengan fasilitas hiburan lengkap, terkadang harganya bisa selangit. Lalu, bagaimana nasib generasi milenial dan kalangan masyarakat yang pertumbuhan penghasilannya sangat diametral dengan kenaikan harga properti?

Jangan khawatir, INAPEX  sudah merangkum hunian-hunian dengan harga terbilang masih bersahabat dan dekat dengan pusat aktivitas maupun hiburan. Berikut daftarnya :

  • Wismaya Residence, PT. Langgeng Makmur Perkasa
  • La Montana Bogor, PT. Emesen Properti
  • Parkland, PT. Trimitra Land
  • The Padmayana, PT. Adhi Perkasa Properti
  • One Conexio, PT. Adhi Perkasa Properti
  • Apartemen Cimanggis City, PT. Permata Sakti Mandiri
  • Green Pramuka City, PT. Duraparamindo Sejahtera
  • Gading Green Hill, PT. Kembang Sari Buana
  • Sentraland Bekasi, Perum Perumnas
  • Foresque Residence, PT. Binakarya Propertindo

Pilihan hunian di atas dapat Anda temui dengan mudah di Indonesia Properti Expo (IPEX) pada 3-11 Februari 2018 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.