JAKARTA, INAPEX.co.id – Kalau sempat membaca iklan atau brosur perumahan dan apartemen, pasti memperoleh informasi menarik tentang pusat hunian tersebut. Pasti ada informasi yang menyatakan bahwa perumahan atau apartemen itu menyediakan fasilitas kolam renang, pusat kebugaran, taman luas, lokasi strategis dan sebagainya.

Kelengkapan fasilitas merupakan faktor penting bagi para calon penghuni. Hunian berkonsep one stop living atau hunian terpadu masih tetap menjadi primadona. Selain tempat tinggal atau hunian, di dalam kawasan itu juga kita dapat dengan mudah berbelanja apapun yang diperlukan, kita dapat bersantai, berolahraga, menjalankan bisnis, nonton biskop, dan lain sebagainya tanpa harus keluar dari kawasan tersebut.

Pada dasarnya, di dalam bangunan dengan konsep one stop living ini kita dapat memperoleh kenyamanan dan kenikmatan hidup total hanya dalam satu kawasan. Bangunan yang menerapkan konsep one stop living atau yang biasanya sering disebut dengan bangunan super block saat ini sudah menjadi andalan di dalam dunia bisnis properti di Indonesia.

Heather McCune, seorang arsitektur perencanaan dan desain interior menyampaikan tren perusahaan desain dan kontraktor kini tidak terbatas dalam membangun rumah saja, tetapi juga membangun lingkungan yang erat. Menurut studi dari perusahaan real estate Robert Charles Lesser & Co., pembeli rumah belakangan ini banyak yang mencari hunian yang memiliki area hijau dan jalur khusus untuk berjalan, berlari dan bersepeda (jogging track). Hal ini dikarenakan, pola hidup sehat menjadi tren bagi kalangan menengah ke atas.

 

Ilustrasi. (Foto: inapex)

 

Para calon pembeli beranggapan, bahwa hunian dengan fasilitas lengkap memiliki harga yang cukup mahal.  Namun pada kenyataannya, terdapat hunian dengan fasilitas lengkap dengan harga yang bisa terbilang cukup terjangkau.

Pada Indonesia Property Expo (IPEX) 3-11 Februari di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan mendatang, terdapat ratusan hunian yang menawarkan beragam fasilitas dengan berbagai harga. Harga berkisar 200-800 juta bisa kita jumpai di pameran tersebut.

Berikut daftar peserta IPEX 2018 :

  •  Metro Residence
  • La Montana Bogor
  • Taman Sawangan Residence
  • Green Pramuka City
  • Foresque Residence
  • Samara Residence
  • Metro Cilegon
  • Santorini Residence
  • Heliconia Garden
  • Parkville

Dengan kelengkapan berbagai fasilitas yang disediakan maka penghuni bangunan ini bisa berkantor hanya dengan berjalan kaki dari apartemennya. Jika hendak mencari suasana lain, cukup dengan melenggang ke restoran, sport center, atau pusat perbelanjaan. Untuk kedepannya, diharapkan agar bangunan ini mampu untuk menjadi bagian dari kehidupan kosmopolitan, gaya hidup masyarakat dunia, serta bagi mereka yan menghargai efisiensi dan produktifitas.