Di Cikampek, Perumahan Murah Fasilitas Lengkap
Griya Indah Cikampek (Foto: rumah)

CIKAMPEK, INAPEX.co.id, – Tak cuma murah, hunian harga subsidi ini ternyata berlokasi di kawasan berfasilitas lengkap. Bila selama ini rumah murah dikenal dengan bangunan standar dan jauh dari pusat kota, namun berbeda dengan Griya Indah Cikampek.

Perumahan Griya Indah Cikampek adalah satu dari proyek perumahan bersubsidi yang menyediakan fasilitas lengkap mulai dari kios, sekolah, klinik, food court, dan rumah toko (ruko) dalam satu wilayah.

Dengan demikian para penghuni akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhannya. Jika melihat kawasan Cikampek, Promotor PT. Wiratama Perkasaputra pengembang Perumahan Griya Indah Cikampek, Zulfian Andriputra menjelaskan bahwa Cikampek memiliki daya tarik tersendiri bagi perkembangan rumah bersubsidi.

“Banyak orang lebih familiar dengan nama Cikampek sebagai jalur akses transportasi tol antar provinsi. Tapi, sebenarnya, wilayah ini menyimpan potensi yang menggiurkan di masa depan. Dilihat dari lokasi, Cikampek bisa dikatakan sebagai lokasi yang strategis,” jelas Zulfian, di Cikampek, belum lama ini.

Dari Cikampek menuju Jakarta juga cukup mudah. Begitu pula dari Cikampek menuju Bandung, Purwakarta, dan Brebes, akan lebih mudah dijangkau.

Tidak hanya ditinjau dari lokasi yang strategis, peruntukan daerah tersebut sebagai kawasan industri juga ikut mendorong pembangunan perumahan murah seperti Grand Permata Residence, Klari Indah Permata, Citra Kebun Mas, Taman Palumbon Asri, Citra Swarna Grande, Griya Sinar Mas, dan masih banyak lagi.

Kawasan industri yakni Kota Bukit Indah dan Kawasan Indotaisei adalah kawasan industri penting yang jadi incaran pembangunan rumah bersubsidi. Pencari rumah subsidi di sana, lanjut Zulfian, adalah pekerja dari kawasan industri ini.

“Dari total 2.800 unit, telah terjual 30% di tahap pertama, progres 80% pembangunan 2 unit ruko, dan 80 persen sebanyak 4 unit ruko. Bahkan di tahun 2017, kami akan segera melanjutkan proses pembangunan tahap kedua untuk perumahan komersial dan subsidi,” tutur Zulfian.

Meski perkembangan pembangunan rumah bersubsidi terus marak, Zulfian juga menyesalkan dengan kondisi jalan raya yang masih berlobang. Ia berharap pemerintah setempat langsung memperbaiki.

“Jika kondisi jalan sudah baik, tentu saja akan mempengaruhi proses pembangunan rumah agar segera rampung memenuhi target,” jelas Zulfian.

(rmh)