Warga negara asing sangat atusias berinvestasi properti di Indonesia. (Foto: dok.inapex)
Warga negara asing sangat atusias berinvestasi properti di Indonesia. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Untuk mengawali investasi sangat dibutuhkan analisa prospek terhadap sejumlah hunian yang diprediksi akan meraup keuntungan besar. Namun hal tersebut, tak lepas dari akses dan fasilitas perumahan yang ingin dijadikan hunian sendiri maupun sebagai investasi.

Solusinya, konsumen property tak cuma mencari harga rumah murah, tapi fasilitas serta lokasi juga menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli. Berikut 10 rumah murah, namun memiliki fasilitas lengkap serta lokasi strategis;

1.Grand Citayam Real Estate

Perumahan yang dibangun oleh PT Petra Bangun Sarana tersebut, berlokasi di Jalan Raya Citayam, Tajurhalang, Kabupaten Bogor. Lokasi ini dekat dengan Stasiun Citayam dan dilalui oleh angkutan umum.

Harganya dibandrol mulai dari Rp.250 juta dengan uang muka Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sekitar Rp.17 juta. Uang muka tersebut bisa dicicil selama 4 bulan.

Dengan tipe luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 84 meter persegi, rumah tersebut telah mempunyai 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

2.Bukit Mekar Wangi

Dikembangkan oleh Peradaban Land, perumahan ini berada di Jalan Kayumanis, Tanah Sereal, Kota Bogor. Lokasi ini bisa dijangkau hanya 10 menit dari Stasiun Cilebut dan 15 menit dari Pintu Tol BORR.

Harganya mulai Rp.252 juta dengan tipe 36/90 dan Rp.328 juta dengan tipe 45/120. Biaya reservasi sebesar Rp.500 ribu untuk menentukan unit dan proses KPR. Sisanya, sekitar Rp.4,5 juta dibayarkan setelah lolos BI Checking.

3.Panorama Bali Residence

Perumahan tersebut terletak di Bukit Sentul, Bogor dan dibangun oleh PT Arya Lingga Manik dan terletak di Jalan Putat Nutug Ciseeng Parung.

Harga yang ditawarkan mulai Rp.250 juta tipe 36/72 meter.Biaya pemesanan atau booking fee sekitar Rp.5 juta dengan uang muka 10 persen yang dapat dicicil selama 2 bulan.

Pengembang juga menawarkan promo gratis Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Akad Jual Beli (AJB). Perumahan tersebut berdiri di atas lahan 40 hektare dengan jumlah perencanaan rumah sebanyak 3.300 unit. Saat ini, pengembangan tengah menjalani tahap kedua.

4.Ciomas Hills

Perumahan yang terletak di kawasan Ciomas, Bogor ini mengedepankan hunian nyaman, aman, dan memiliki panorama Gunung Salak.

Tidak hanya itu, beli rumah tanpa beban juga akan dirasakan pembeli. Cicilan mulai Rp.2 juta/bulan, free uang muka dan BPHTB, subsidi KPR dari pengembang sebanyak 2% dan berhadiah langsung motor senilai Rp.21 jutaan. Harga yang ditawarkan mulai Rp.350 juta dengan luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 72 meter persegi.

5.Nirwana Bojong

Perumahan Nirwana Bojong, merupakan hunian yang memiliki lokasi strategis dengan harga sangat terjangkau. Selain unitnya terbatas, perumahan ini juga bisa menggunakan skema KPR Syariah dan KPR Konvensional suku bunga tetap 5%, cicilan 800 ribu per bulan.

Harga mulai Rp.130 jutaan, tersedia rumah type 36/72, type 29/60, type 35/35. Lokasi perumahan Nirwana Bojong sangat strategis di di Jalan Raya Kelapa Nunggal, Kabupaten Bogor , dekat stasiun Nambo, Taman Wisata Mekarsari, Pasar Cileungsi, RSUD Cileungsi, sarana pendidikan, dan pasar tradisional.

6.New Villa Permata Mas

Perumahan New Villa Permata Mas berlokasi strategis di daerah Bojong Nangka, Gunung Putri, Cikeas Selatan, Bogor. Memasarkan tipe 23/72 senilai Rp.133,5 jutaan dengan DP Rp.38,5 juta bisa dicicil tiga kali.

Harga tersebut sudah termasuk biaya-biaya lainnya, kelebihan tanah dan peningkatan mutu. Perkiraan cicilan selama 15 tahun Rp.1 jutaan dan tenor 20 tahun Rp.883 ribu.

Hunian berada di lingkungan aman, nyaman, asri dan strategis. Lokasi berada 50 meter dari jalan raya yang selalu dilalui angkutan umum selama 24 jam, berjarak 1 km dari exit tol Kranggan dan Gunung Putri, dekat dengan pusat pendidikan mulai SD hingga SMA dan sejumlah fasilitas umum lainnya.

7.Harvest City Cibubur

Perumahan Harvest City merupakan pengembangan perumahan skala kota yang dibangun PT Dwikarya Langgeng Sukses, konsorsium bentukan 3 pengembang yang terdiri Grup Suryamas Dutamakmur, Grup Duta Putra Mahkota dan Kalindoland.

Kapan lagi bisa memiliki rumah dengan kredit pemilikan rumah (KPR) promo DP super murah. Tak hanya itu, calon konsumen juga akan mendapatkan promo gratis biaya BPHTB, diskon biaya KPR, DP sudah include boking fee hingga sisa DP bisa diangsur tiga kali selama dalam kurun waktu tiga bulan.

Lokasi perumahan ini terletak di Jl. Transyogi KM 15, Cibubur – Bogor yang dilengkapi fasilitas dan akses seperti, Angkot kawasan harvest city gratis, Shuttle bus arah blok M & Kolam renang / water joy, Sarana Rekreasi Festival Oriental, Harvest Box Mall, RM Saung Apung dan Pasar Tradisional.

 8.Griya Tangerang Asri

Mengedepankan tag line “The Best Choice for Better Living”, perumahan tersebut berada di Jalan Raya Daon, Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Perumahan sebanyak 69 unit, PT Karsa Agung Realtindo memasarkan rumah bersubsidi atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) seharga mulai dari Rp.133,5 juta.

Luas bangunan dan tanah rumah FLPP tersebut berukuran 23 meter persegi dan 60 meter persegi. Untuk pemesanan, konsumen mesti membawa uang muka sebanyak Rp.7 juta.

Akan tetapi, uang muka tersebut tak bersifat tetap. Nantinya, biaya uang akan dipotong atau memperoleh diskon berdasarkan unit yang dibeli. Potongan uang mukanya cukup banyak antara Rp.2,5 juta – Rp.6 juta.

9.Grand Harmoni 2

PT Panca Bangun Propertindo tengah mengembangkan perumahan di Desa Bunar, Kecamatan Sukamulya, Balaraja, Tangerang yang harganya dipatok mulai dari Rp.133,5 juta.

Luas bangunannya sekitar 30 meter persegi dengan tanah 60 meter persegi. Uang muka untuk pembelian rumah tersebut ialah sebanyak Rp.8,5 juta dengan diskon hingga Rp.7 juta. Perkiraan angsuran KPR sekitar Rp.1,35 juta per bulan untuk jangka waktu 10 tahun.

Biaya-biaya lainnya meliputi pemesanan atau booking fee hanya Rp.1 juta dengan peningkatan mutu senilai Rp.1 juta per meter persegi apabila menentukan rumah dengan tanah lebih dari 60 meter persegi. Penambahan harga ini dikenakan untuk biaya posisi kaveling hook atau strategis.

10.BizHome Residence

Perumahan ini memasarkan tipe baru yang terletak di dalam kawasan Citra Raya, Cikupa, Tangerang yang dikembangkan oleh Ciputra Group.

Sekarang ini, Ciputra menawarkan dua tipe rumah yaitu tipe Jasper dengan luas 27 meter persegi dan tipe Agate berukuran 36 meter persegi.

Rumah dengan tipe Jasper tersebut dipasarkan mulai dari Rp.310 juta apabila dibayar secara tunai keras, sedangkan untuk tipe Agate dijual mulai Rp.373 juta. Ciputra menyediakan pula dua pilihan lain yaitu secara KPR dan tunai bertahap.

Untuk tipe Jasper, tunai bertahap 12 bulan tanpa depe dipatok Rp.327 juta sedangkan KPR dengan uang minimal 10 persen selama 3 bulan sebanyak Rp.318 juta.