Acara demo aplikasi PT Propan Raya ini dilihat oleh banyak pengunjung pameran. (Foto: propan)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Ditengah memanasnya kondisi ditahun politik, kalangan produsen bahan material pendukung properti justru optimis akan mencapai terget penjualan.

Merasa tak kkhawatir, para produsen bakal mendongkrak penjualan hingga akhir tahun 2018. Perusahaan tersebut diantarnya PT Propan Raya Industrial Coating Chemical (CIC), produsen cat merek Propan bahkan menargetkan bisa menambah target penjualan hingga 15%.

Di tahun 2017 lalu, pendapatan penjualan perusahaan ini dari seluruh Indonesia mencapai Rp 8 triliun. “Tahun ini kami justru optimistis akan ada peningkatan penjualan,” ungkap CEO Propan Raya, Kris Adidarma di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk mencapai target pertumbuhan itu, perusahaan tidak cuma memprioritaskan pada segmen tertentu sebagai target pasar.

Kris mengaku, semua segmen adalah target pasar mereka, karena Propan Raya menyiapkan cat untuk semua segmen.

Kendati demikian, pada kuartal pertama tahun ini penjualan diakui masih belum cukup signifikan, tapi masih on progress.

Menurutnya, lazimnya penjualan akan melonjak jelang akhir tahun. “Sudah mulai banyak penjualan,” tambah Kris.

Isu tahun politik tidak terlalu dikhawatirkan, apalagi di masa kampanye biasanya banyak bangunan di cat baru yang berhubungan dengan pemilu. Selain itu banyak orang melakukan renovasi, dan perbaikan rumah, sehingga penjualan tetap berlangsung.

Perseroan juga menyiapkan langkah-langkah lainnya demi mencapai target. Misalnya membuka toko online, mengembangkan kemitraan baik dengan arsitek dan juga developer, serta membuat aplikasi demi membuat ikatan dengan konsumen.

Kris menjelaskan, karena cat bukan kebutuhan utama, maka sangat penting untuk menjaga kualitas dan dekat dengan konsumen.

Tahun ini, dari sekian banyak produk yang diproduksi oleh Propan Raya, adalah GoFast A-1000 yang menjadi “jagoan” dari Propan. Produk ini telah diluncurkan sejak tahun lalu dan dianggap lebih ramah lingkungan dan ekonomis karena bahan utamanya berbasis air.

Tidak hanya itu, Propan juga punya banyak produk ramah lingkungan yang lain. Hingga tahun ini, sebanyak 60% produk-produk cat berbasis tiner berubah menjadi berbasis air.

Di sisi lain, dengan meningkatkan penjualan, Propan Raya juga bekerja sama dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Di beberapa daerah, Propan berkontribusi dalam pengecatan ulang gedung-gedung pemerintah, bahkan juga gedung-gedung warisan budaya (heritage).

Perseroan tidak mau pula ketinggalan untuk berkontribusi dalam Program Sejuta Rumah (PSR). Meski tidak menyebut detail bentuk dukungan terhadap program nasional tersebut, Kris menyebutkan telah bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pengembang untuk berkontribusi dalam PSR.