Tahun 2019 Hanya Ada 8 Stasiun LRT, Apakah Ada yang Dekat Rumah Anda?
Tahun 2019 Hanya Ada 8 Stasiun LRT (Foto: paultan)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Kawasan-kawasan di koridor jalan tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) akan jadi kawasan yang menarik di dua tahun mendatang. Pasalnya masyarakat dapat menggunakan transportasi  di 8 stasiun light rail transit (LRT) Cawang-Cibubur-Bogor yang kini tengah berlangsung.

Pembangunan tahap pertama Cawang – Cibubur akan beroperasi awal tahun 2019. Usai itu segera disusul tahap kedua Cibubur-Bogor.

LRT akan memperpendek waktu tempuh dan memudahkan akses dari atau menuju Jakarta. Oleh sebab itu, angkutan massal ini akan jadi nilai tambah dan menguntungkan properti-properti di dekat stasiun.

Dengan kecepatan operasional 60 km/jam (maksimum 80 km/jam) Jakarta-Bogor bisa ditempuh hanya satu jam perjalanan.

Berbagai pengembang di koridor Jagorawi mengklaim proyeknya terintegrasi dengan angkutan massal ini.

Saat ini yang tentunya terhubung baru Royal Sentul Park (RSP/14,8 ha) saja yang terletak di Jl Babakan Madang, Sentul.

Serupa dengan proyek LRT, RSP juga dikembangkan PT Adhi Karya (Persero) Tbk melewati divisi Transit Oriented Development (TOD) & Hotel.

Menurut GM divisi Transit Oriented Development (TOD) & Hotel PT Adhi Karya Tbk, Amrozi Hamidi, berdaarkan Peraturan Presiden (Perpres) LRT Cawang- Bogor akan berhenti di delapan stasiun. Ke-8 stasiun ini lokasinya di Cawang (depan RS Otak), Ciracas, Cibubur, Gunung Putri, Cibinong, Sentul, Danau Bogor Raya, hingga Bogor (Baranangsiang).

Di Cibubur stasiun LRT dibangun di Taman Wiladatika Jl Jambore. Stasiun tersebut untuk mengakomodasi permukiman di koridor Jl Alternatif Cibubur (Jl Trans Yogi) sampai Cileungsi yang sekarang cukup padat dengan perumahan.

Sementara di Sentul stasiun LRT terintegrasi dengan RSP yang meliputi satu tower perkantoran, 11 tower apartemen,  dan mal.

Tiga tower apartemen RSP yang dikembangkan di tahap pertama terletak di atas mal langsung terkoneksi dengan stasiun LRT.

Kawasan Cimanggis yang sekarang tengah mengembangkan proyek skala besar dan dulu pernah disebut akan ada stasiun ternyata berdasarkan Perpres tak ada.

Amrozi tak bisa memastikan apakah di Cimanggis benar-benar tak ada stasiun atau akan ada sebab hal ini yang memutuskan adalah pemerintah. Ia hanya menuturkan dari Cawang-Taman Mini rute LRT berada di kiri jalan tol selanjutnya di Ciracas belok ke kanan tol, dan setelah Cibubur Junction belok lagi di kiri tol sampai Bogor.

Jika di Cimanggis tak ada stasiun lokasi stasiun terdekat di Cibubur. Jaraknya cukup jauh 8 km. Untuk mengakses LRT perumahan-perumahan dan apartemen di kawasan dapat menyediakan shuttle ke stasiun.