Tahap-Tahap Dalam 1 Tahun, Punya Uang Untuk Beli Rumah
Tahap-Tahap Punya Uang Untuk Beli Rumah Dalam 1 Tahun (Foto: dok.inapex)

 

INAPEX.co.id, – Membeli hunian memang salah satu langkah terbesar dalam hidup, oleh sebab itu dibutuhkan perencanaan yang detail saat beli rumah agar tak menyesal di kemudian hari.

Bila keinginan Anda untuk memiliki rumah belum terwujud di tahun sebelumnya, maka awal tahun inilah saat yang tepat untuk menyusun rencana baru.

Untuk membantu mewujudkan mimpi Anda, simak strategi untuk membeli rumah dalam waktu satu tahun berikut ini;

Bulan Pertama – Menabung Untuk Down Payment (DP) Rumah

Menyimpan uang dengan disiplin cukup sulit dilakukan sebagian orang akibat pengeluaran tak terduga seperti perbaikan kendaraan, kesehatan, membeli pakaian baru, atau hal lainnya.

Namun, jika Anda sudah menargetkan tahun depan untuk punya rumah maka sudah waktunya menabung dengan disiplin.

Apabila telah mengetahui berapa jumlah yang mesti dikumpulkan untuk biaya DP rumah, langsung sisihkan pendapatan setiap bulannya.

Bulan Ketiga – Periksa Status Kredit

Ketika ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Bank Indonesia akan mengecek seluruh kualitas kredit yang Anda miliki.

Perbaiki jika ada hutang-hutang yang pembayarannya tak lancar. Ingat, kartu kredit yang sehat tagihan maksimalnya tak lebih dari 70% tergantung jumlah limit kartu.

Bulan Keenam – Mengecek Lingkungan Perumahan

Ini waktunya untuk mulai mengunjungi rumah-rumah yang selama ini telah menjadi incaran.

Pasalnya, rumah akan menjadi investasi seumur hidup, maka jangan sampai salah pilih.

Periksa juga lokasi perumahan dekat dengan fasilitas umum atau tidak, seperti fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan. Hitung pula jarak dari ‘calon’ rumah Anda ke lokasi kerja.

Jika memungkinkan, Anda juga dapat mencari tahu lingkungan sekitar rumah incaran Anda.

Misalnya tetangga yang tinggal di perumahan itu, apakah mayoritas dihuni oleh keluarga muda atau tidak, dan lain sebagainya.

Bulan kesembilan – Lakukan Riset Bank / Institusi Keuangan

Jika Anda telah menentukan rumah yang akan diambil, saatnya untuk melakukan riset pengajuan KPR.

Khususnya bila ingin mengambil cicilan dengan jangka waktu yang panjang seperti 15 – 20 tahun.

Sejumlah orang memilih untuk mengambil cicilan yang sedikit lebih tinggi namun mempunyai fixed rate, dan sebagian lainnya floating rate.

Periksa pula dokumen apa saja yang diperlukan untuk mengajukan permohonan ini.

Bulan kesepuluh Hingga Bulan keduabelas – Hubungi Developer

Selanjutnya, Anda harus menghubungi developer untuk memperoleh informasi tentang rumah yang diincar.

Periksa juga tabungan Anda apakah telah mencukupi untuk membayar DP. Membeli rumah dengan perencanaan yang baik tentunya akan membuat proses tersebut berjalan dengan baik.

Selain itu, bagi Anda yang sudah menentukan pilihan KPR bisa mencari rumah terjangkau lainnya dalam satu hari dengan mengunjungi pameran akbar Indonesia Properti Expo (IPEX) segera hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran yang diprakarsai PT. Bank Tabungan Negara (BTN Persero) Tbk bekerjasama dengan PT. Ad-house Indonesia Cipta tersebut akan menyuguhkan ratusan ragam proyek properti dengan harga terjangkau mulai rumah subsidi hingga apartemen mewah untuk lokasi diseluruh Indonesia.

Penawaran suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sangat menarik, hingga fixed 5% ini akan ditawarkan bagi setiap pengunjung yang ingin memiliki rumah sendiri hingga berinvestasi.

Kemudian, untuk peserta pameran yang tak bekerjasama dalam promosi bersama BTN, Bank akan mematok bunga 9,99% fixed 5 tahun, 9,5% selama 3 tahun, 9% untuk 2 tahun dan 7,99% fixed 1 tahun.

Penawaran menarik lainnya, yaitu Bank BTN akan memberikan uang muka atau down payment (DP) hanya 1% untuk rumah bersubsidi, dan 5% rumah non subsidi.

Khusus untuk developer yang melakukan kerja sama promosi dengan milik BUMN tersebut, konsumennya juga mendapatkan free biaya administrasi dan biaya provisi.

Sementara untuk para konsumen yang hendak membeli rumah dari peserta pameran yang tak bekerjasama promosi akan memperoleh diskon biaya administrasi, diskon biaya provinsi bank dan diskon biaya premi asuransi jiwa.

Terbatasnya jangka waktu promo dengan banyaknya pilihan, disarankan datang ke pameran mulai dari hari pertama, 11 sampai 19 Februari 2017 mendatang, agar mempunyai waktu yang cukup untuk memilih.

Ratusan stand komersil developer perumahan, apartemen hingga kondotel dan puluhan stand untuk FLPP.

Kemudahan lainnya dari Bank BTN yaitu tentang persyaratan KPR yang mudah, Approval KPR hanya 1 jam, jangka waktu KPR hingga 25 tahun, konsultasi KPR di Stand Bank BTN, konsultasi desain, dan sebagainya.

Tak hanya itu, cukup berkunjung saja tak harus membeli rumah namun juga berkesempatan untuk mendapatkan puluhan hadiah menarik.

Caranya hanya dengan melakukan registrasi dipintu masuk Hall A dan Hall B di JCC, para pengunjung akan berkesempatan mendapatkan hadiah yang dilakukan undian tanpa dipungut biaya apapun.

Hadiahnya meliputi mobil, smart phone Samsung, TV LED, kulkas dan voucher belanja ratusan juta rupiah.