Tagihan Membengkak? Ini Cara Hemat Listrik di Rumah
Hemat Listrik di Rumah (Foto: lahiya)

INAPEX.co.id, – Harga bahan bakar minyak (BBM), sembako, dan elpiji pun terus mengalami kenaikan.

Bahkan kenaikan itu, seiring lambatnya lajut inflasi di Indonesia. Mungkin banyak dari Anda akhirnya mencari solusi agar dapat berhemat lebih banyak.

Salah satunya adalah menghemat penggunaan listrik serta gas elpiji.

Sebagian dari Anda mungkin berpendapat bahwa di zaman seperti sekarang ini sangat sulit untuk berhemat ria.

Jangan khawatir, ternyata masih ada sejumlah kiat mudah untuk menghemat listrik bagi Anda yang mulai merasa waswas terhadap pengeluaran rumah tangga yang kian membengkak.

Tanamlah pohon
Selain membuat udara semakin sejuk dan segar, pohon dan tumbuhan lainnya yang hijau bisa membuat Anda harus mematikan AC ataupun kipas angin.

Hal itu dilakukan, mengingat suhu udara sudah terasa sejuk oleh pohon dan tumbuhan yang telah Anda tanam di rumah. Lebih hemat bukan?

Dekor ulang
Begitu banyaknya dan besarnya perabotan yang terisi dalam rumah Anda, terkadang perabotan tersebut justru menutupi lubang ventilasi pada dinding. Hal kecil namun akan terasa sendiri jika persoalan ini sudah terjadi.

Pindahkanlah perabotan tersebut, sehingga Anda mempunyai aliran udara yang lebih baik dan bisa mengurangi biaya pemakaian AC serta listrik. Karena salah satu daya listrik yang besar dihasilkan oleh AC.

Anda juga harus mengatur pencahayaan rumah dengan banyak jendela, sehingga tidak perlu lagi menggunakan banyak lampu di rumah saat pagi atau di siang hari.

Ganti lampu dengan lampu hemat energi
Gunakanlah lampu yang tepat dan hemat energi. Dengan lampu ini, Anda bisa menghemat asupan listrik, namun tetap mendapatkan penerangan yang cukup.

Gantilah lampu dengan CFL (Compact Fluorescent Lamp) atau dikenal sebagai lampu neon , atau lampu hemat energi lainnya. Selain lebih hemat, jenis lampu ini juga sinarnya lebih terang. Sehingga Anda tidak perlu memakai banyak lampu pada rumah.

Cukup dengan satu lampu yang besar saja sudah cukup. Bahkan penghematan itu bisa lebih irit lagi, apabila ruangan pada rumah Anda memiliki pencahayaan yang baik.

(bs)