Syarat Manfaatkan Fasilitas Kredit Rumah di BPJS Ketenagakerjaan
Fasilitas Kredit Rumah (Foto: bpjsketenagakerjaan)

 

INAPEX.co.id, – Tahun 2017 BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) mengeluarkan program terbaru yaitu Perumahan Pekerja Kerja Sama Bank (PPKSB). Program ini dibuat untuk mengatasi masalah kredit rumah yang sulit diperoleh sejumlah masyarakat.

Pasalnya, peserta BPJS-TK dapat memperoleh bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang lebih ringan. Program ini terselenggara dari hasil kerja sama BPJS-TK dengan Bank BTN.

“Seluruh aturan dan pelaksanaan program tersebut sedang digodok bersama perbankan dan kementerian terkait. Diharapkan, bunga pinjaman tersebut bisa lebih rendah dibanding suku bunga KPR komersial,” tutur Direktur Pengembangan Investasi BPJS-TK Khrisna Syarif, saat ditemui pers, belum lama ini.

Sebelumnya, BPJS-TK menyandang nama Jamsostek dan dikenal dengan sebutan Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP).

“Tujuan dari diadakannya program ini tak lain adalah karena kami ingin berkontribusi kepada pembangunan Satu Juta Rumah. Dan dengan MoU ini, maka paketnya tentu harus lebih baik dari bank-bank komersil,” paparnya.

Sayangnya PUMP sempat dihentikan dan sekarang program ini akan diberlakukan kembali. Walau sistemnya berbeda dari program sebelumnya, akan tetapi tujuannya tetap, yaitu memberikan kemudahan KPR untuk peserta BPJS-TK dengan suku bunga ringan.

Bagi masyarakat yang tertarik memanfaatkan program tersebut, berikut ini syarat-syarat yang harus diperhatikan, di antaranya:

1. Untuk non-subsidi harga rumahnya maksimal Rp.500 juta.

2. Terdaftar sebagai peserta aktif selama minimal satu tahun.

3. Rumah yang diajukan adalah rumah pertama peserta.

4. Jika pasangan suami dan istri merupakan peserta BPJS-TK, maka hanya satu pihak yang boleh mengajukan KPR.

5. Jangka waktu kredit untuk pemilikan rumah bisa dilakukan maksimal 20 tahun.

6. Jangka waktu pinjaman uang muka perumahan tergantung tenor yang ditetapkan BTN dengan batas maksimal 15 tahun.

7. Perhitungan suku bunga yang berlaku mengikuti ketentuan yang ditetapkan BI Rate dan perhitungan dari BTN.

8. Khusus untuk pengajuan KPR non-subsidi dan pinjaman uang muka, peserta atau debitur akan dikenakan suku bunga sesuai BI Rate ditambah 3% per tahun dengan skema anuitas tahunan mengacu perhitungan Bank BTN.

Selain itu, bagi Anda yang sudah menentukan pilihan KPR bisa mencari rumah terjangkau lainnya dalam satu hari dengan mengunjungi pameran akbar Indonesia Properti Expo (IPEX) segera hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran yang diprakarsai PT. Bank Tabungan Negara (BTN Persero) Tbk bekerjasama dengan PT. Ad-house Indonesia Cipta tersebut akan menyuguhkan ratusan ragam proyek properti dengan harga terjangkau mulai rumah subsidi hingga apartemen mewah untuk lokasi diseluruh Indonesia.

Penawaran suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sangat menarik, hingga fixed 5% ini akan ditawarkan bagi setiap pengunjung yang ingin memiliki rumah sendiri hingga berinvestasi.

Kemudian, untuk peserta pameran yang tak bekerjasama dalam promosi bersama BTN, Bank akan mematok bunga 9,99% fixed 5 tahun, 9,5% selama 3 tahun, 9% untuk 2 tahun dan 7,99% fixed 1 tahun.

Penawaran menarik lainnya, yaitu Bank BTN akan memberikan uang muka atau down payment (DP) hanya 1% untuk rumah bersubsidi, dan 5% rumah non subsidi.

Khusus untuk developer yang melakukan kerja sama promosi dengan milik BUMN tersebut, konsumennya juga mendapatkan free biaya administrasi dan biaya provisi.

Sementara untuk para konsumen yang hendak membeli rumah dari peserta pameran yang tak bekerjasama promosi akan memperoleh diskon biaya administrasi, diskon biaya provinsi bank dan diskon biaya premi asuransi jiwa.

Terbatasnya jangka waktu promo dengan banyaknya pilihan, disarankan datang ke pameran mulai dari hari pertama, 11 sampai 19 Februari 2017 mendatang, agar mempunyai waktu yang cukup untuk memilih.

Ratusan stand komersil developer perumahan, apartemen hingga kondotel dan puluhan stand untuk FLPP.

Kemudahan lainnya dari Bank BTN yaitu tentang persyaratan KPR yang mudah, Approval KPR hanya 1 jam, jangka waktu KPR hingga 25 tahun, konsultasi KPR di Stand Bank BTN, konsultasi desain, dan sebagainya.

Tak hanya itu, cukup berkunjung saja tak harus membeli rumah namun juga berkesempatan untuk mendapatkan puluhan hadiah menarik.

Caranya hanya dengan melakukan registrasi dipintu masuk Hall A dan Hall B di JCC, para pengunjung akan berkesempatan mendapatkan hadiah yang dilakukan undian tanpa dipungut biaya apapun.

Hadiahnya meliputi mobil, smart phone Samsung, TV LED, kulkas dan voucher belanja ratusan juta rupiah.