Susah Menabung Untuk Beli Rumah? Ini Caranya
Menabung Untuk Beli Rumah (Foto: saw)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang. Terlebih jika Anda yang berencana menikah atau bahkan sudah berkeluarga. Kenyataannya, sebagian orang sulit mengumpulkan uang untuk membeli sebuah rumah.

Pada umumnya, orang-orang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk menabung agar bisa tercapai mempunyai hunian serta isinya yang sesuai harapan.

“Saya sudah menabung sejak awal pertama kerja, cara menabungnya menyisihkan 20 % dari gaju bulanan dengan target 1-5 tahun uang yang terkumpul buat DP. Salah satu motivasi bisa menabung buat bahagian emak,” tutur Pria 25 tahun, Andi yang belum lama ini membeli rumah yang telah ia inginkan saat di wawancara INAPEX.co.id di Jakarta, Selasa (1/11).

Berikut ini adalah tips untuk Anda yang berniat untuk memiliki rumah sendiri dalam waktu lima bahkan satu tahun ke depan.

5 Tahun ke Depan
Bagi Anda yang masih berusia muda mungkin belum terpikirkan untuk membeli rumah dalam waktu dekat, tetapi telah memiliki harapan untuk membelinya lima tahun mendatang.

Memang waktu tersebut masih lama, namun tidak ada salahnya untuk segera menyiapkan dana tersebut dari sekarang.

Ahli finansial Lauren Bowling membocorkan cara gampang menabung untuk beli rumah idaman yang mudah dilakukan. Sebelumnya ia menyarankan untuk Anda yang memiliki hutang khususnya di kartu kredit, agar segera melunasinya.

Pelunasan hutang tersebut dimaksudkan agar uang bisa berfokus untuk ditabung beli rumah dan baik juga untuk penilaian kredit hingga nantinya dapat memperoleh pinjaman.

Jika ada bonus atau kenaikan gaji, masukkan dana itu pada tabungan untuk beli rumah supaya dananya kian bertambah banyak dan cepat.

“Fokus pula pada menaikkan pendapatan. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menegosiasikan kenaikan gaji di tempat kerja. Ambil kursus untuk membuatmu lebih bernilai atau cari pekerjaan dengan gaji lebih banyak jika memungkinkan,” tutur Lauren.

2 Tahun ke Depan
Dua tahun ialah waktu yang sangat singkat apabila hendak menabung untuk membeli rumah. Oleh sebab itu, tekan kembali pengeluaran agar bisa mengumpulkan dana lebih banyak.

Mulailah berhemat dalam keperluan sehari-hari, misalnya membawa bekal ke kantor, memakai transportasi umum, meminimalisir belanja fashion, serta menambah penghasilan dengan menjual barang yang sudah tidak dipakai.

“Dua tahun adalah waktu yang cukup untuk memulai bisnis sampingan yang substansial, seperti jual barang di Etsy atau membuat blog yang menghasilkan uang. Jika itu bukan keahlianmu, pindahlah ke rumah dengan biaya kontrak lebih murah,” jelas Lauren.

Tahun Depan
Memiliki hunian sendiri di tahun depan bukanlah hal yang mustahil bila benar-benar diusahakan. Caranya dengan memperketat keuangan hingga bisa membayar down payment 12 bulan mendatang.

Siapkan rekening terpisah untuk mengumpulkan dana ini dan jangan menyentuhnya sedikitpun. Jika mampu, bisa ambil pekerjaan sampingan sebagai tambahan dan menghemat pengeluaran, misalnya dengan berhenti berlangganan tv kabel atau streaming berbayar.

(wl)