Suka Update Foto Rumah Anda di Sosmed? Cara Terhindar dari Kejahatan
Roro Foto Dengan Koleksinya di Rumahnya (Foto: jurnlapagi)

INAPEX.co.id, – Namanya juga memiliki rumah pertama, apalagi itu rumah baru bukan seken, wajar saja apabila Anda sangat bahagia dan ingin menampilkan atau mengabadikannya di akun media sosial Anda. Akan tetapi, bila Anda tak ingin kejahatan meneror, pastikan melakukan kiat-kiat ini supaya bisa memposting foto dengan aman.

Sebab, pada umumnya, orang-orang yang mengunggah foto-foto rumah mereka ke media sosial bertujuan untuk memperlihatkan hasil karya menata dan mendekor rumah dengan gaya terkini.

Semakin banyak mendapatkan pujian atas dekorasi rumahnya, semakin sering pula foto yang diunggah.

Terlihat oleh teman dekat saja

Jika hendak memamerkan segala sudut yang ada di rumah Anda, pastikan hanya bisa dilihat oleh teman dekat atau inner circle.

Atau bisa dengan mengunci akun media sosial agar bisa dilihat oleh follower saja. Hal tersebut untuk mencegah lokasi rumah tersebar ke pihak lain yang berniat menjalankan aksi tindak kriminal, seperti pencurian maupun hipnotis.

Jangan memposisikan diri Anda sebagai desainer interior atau arsitek yang tengah memperlihatkan rumah hasil desainnya. Mereka mengunggah untuk kepentingan portofolio dan cenderung tak menampilkan lokasi.

Jangan tulis atau share lokasi secara detail

Boleh saja sharing lokasi, misalnya rumah berada di kawasan Bintaro. Cukup di kata itu saja, jangan meneruskan secara spesifik di kompleks xx nomor rumah xxx.

Apabila ingin lebih aman, bisa memberikan nama rumah dan lokasi seperti Rena’s home sebagai contohnya, tanpa mencantumkan alamat lengkap. Pasalnya, lokasi yang cukup detail berpotensi penculikan anak.

Cek status

Sedang sendiri di rumah dan merasa kesepian, hal tersebut wajar dan sah-sah saja. Namun, jangan mempublikasikan kesepian Anda di media sosial.

Sebagai contoh, Anda menuliskan bahwa sedang sendiri di rumah seharian saat siang atau malam hari, atau berbagi video yang memperlihatkan Anda yang benar-benar sendiri.

Pasalnya, hal tersebut rawan dengan pencurian yang dikarenakan melihat status Anda yang sendiri dinilai lemah dan itu merupakan kesempatan baik perampok.

Jangan sampai hal sepele berujung kerugian besar dan bahkan merenggut nyawa Anda.

Jangan berlebihan

Foto ruang makan, ruang tamu, atau kamar mandi boleh saja diunggah, tetapi jangan menampilkan isi kamar secara berlebihan, seperti koleksi tas bermerek, koleksi jam tangan, serta isi lemari lainnya, kecuali Anda yakin dengan keamanan di rumah yang siap selama 24 jam.

(rmh)