Kombes Polisi Goenawan, SH., MH., Kabagprodok Ro PID Divisi Humas POLRI, Ir. Frans Buce, MSc, Wakil Ketua Umum BPD Gapensi DKI Jakarta, dan Mardi Utomo, Ketua Umum BEA (Building Engineers Association). (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Menanggapi soal kemanan publik, dibutuhkan peran serta dari pengembang properti. Pentingnya public safety ternyata tak terlepas dari kebutuhan dalam proyek pembangunan gedung dan perlindungan investasi. Apalagi, ketika pekerjaan proyek tersebut belum diserahkan kepada pemerintah.

“Nah, karena kami ini pembangun kami juga perlu melindungi investasi kami ketika pekerjaan belum diserahkan ke pemerintah. Jadi kami membutuhkan keamanan juga. Di pameran ini kita akan belajar bagaimana cara melindungi investasi kita,” jelas Ir. Frans Buce, MSc, Wakil Ketua Umum BPD Gapensi DKI Jakarta, kepada INAPEX.co.id saat ditemui disela-sela Soft Launching Public Safety Indonesia (PS INDO), di Jakarta Convention Center, belum lama ini.

Selain itu, public safety diharapkan juga mampu melindungi proyek pembangunan hingga penggunaan gedung.

“Karena properti itu tidak hanya saat membangun tapi indeloperannya juga pasti kita melindungi properti kita,” kata Ir. Frans Buce, MSc.

Ia berharap, pengembang properti yang nantinya bakal menjadi owner diharapkan bisa lebih memaksimalkan tentang fungsi public safety.

“Saya harapkan sekarang para pengembang properti yang notabenenya nantinya owner juga dalam membuat suatu proyek tolong dimasukan juga nilai dari public safety ini. Entah itu setelah projeg atau pas onthewing projeg. Maksudnya kalau onthewing projeg itu untuk melindungi investasi dari si kontraktor. Kalau setelah projeg melindungi bangunan yang sudah ada,” jelas Ir. Frans Buce, MSc.

Dalam kesempatan itu, Ir. Frans Buce, MSc juga menambahkan tentang adanya pameran public safety juga mampu membuka peluang bagi tenaga kerja terampil untuk dibidang teknologi.

“Dan tambahan satu lagi dari saya, dengan adanya pameran public safety ini juga meningkatkan pekerjaan untuk rakyat dalam membuat teknologi ini,” pungkasnya.

Terkait itu, Direktur Teknik dan Pengembangan PT Adhi Persada Properti (APP) Pulung Prahasto, mengakui, keamanan menjadi penting karena menyangkut kenyamanan lingkungan tepat tinggal, baik itu hunian vertikal atau apartemen maupun hunian tapak.

Bahkan hingga saat ini masih merespon keinginan konsumen dengan menyediakan fasilitas dan perangkat keamanan, mulai dari security 24 jam, pemasangan cctv, dan pemberlakuan access card khusus bagi penghuni.

“Aspek keamanan merupakan hal yang sangat diperhatikan di proyek-proyek yang kami kembangkan, baik itu apartemen, mixed used, maupun hunian tapak. Ini semua tentu kami lakukan karena memang pembeli dan penghuni membutuhkan keamanan sebagai faktor penting,” kata Pulung di Jakarta.