Sering Terlupakan, Pikirkan Ini Sebelum Membeli Rumah Pertama
Ilustrasi (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Membeli rumah pertama memang merupakan hal yang menarik dan membanggakan bagi Anda. Namun, sering terlupakan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

Umumnya, orang akan terjebak dalam fantasi guna mewujudkan rumah idaman, sehingga sering lupa pada fokus yang benar-benar Anda butuhkan.

Menurut Apartmenttherapy, biasanya pembeli malah mempertimbangkan langit-langit rumah yang tinggi tentu hawanya akan sejuk dan memiliki halaman luas.

Faktor-faktor di bawah ini, penting bagi Anda yang harus diingat ketika ingin membeli rumah pertama. Hal tersebut untuk memastikan bahwa Anda benar-benar mencari rumah yang paling sesuai.

1. Perhitungkan jarak

Sebelum menjadikan lingkungan sebagai alasan untuk membeli rumah pertama, perhatikan dahulu jarak perjalanan. Berapa lama Anda akan menghabiskan waktu di atas kendaraan.

Perhatikan pula hal-hal penting lainnya, yakni menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Seharusnya, fokus mencari rumah yang lokasinya sangat seimbang, seperti antara jarak, harga, serta kualitas hidup Anda.

2. Fasilitas di sekitar hunian

Tidak bisa dipungkiri, fasilitas di sekitar rumah sangat penting untuk mempermudah Anda memenuhi kebutuhan sehari-hari, mendesak bahkan masa depan. Misalnya, ingin membeli makanan ringan atau kebutuhan memasak tidak perlu jauh-jauh ke pasar, sudah tersedia minimarket dekat rumah.

Jika Anda sakit tidak harus kesulitan tidak ada mobil, karena jarak klinik bisa ditempuh dengan cepat menggunakan sepeda motor.

Bila sudah memiliki anak tidak harus berlama-lama dijalan raya untuk sampai ketujuan, sebab fasilitas pendidikan cukup dekat dari rumah Anda.

3. Potensi sewa atau jual kembali

Rumah pertama yang Anda beli, mungkin direncankan untuk ditempati selamanya, namun itu belum tentu terjadi. Baik itu disebabkan alasan pindah kerja atau mengakomodasi pertumbuhan jumlah keluarga.

Dengan alasan itulah, cari rumah dengan lokasi menarik. Pastikan, rumah yang ingin dibeli terletak di kawasan yang bagus, dan bila memungkinkan dekat dengan fasilitas seperti toko, restoran atau transportasi umum.

4. Biaya perawatan

Ketika berburu rumah, Anda mesti berpikir realistis tentang biaya perawatan. Akan tetapi, ini juga tergantung pada kondisi awal ketika rumah dibeli.

Jujur pada diri sendiri, apakah Anda bisa mengerjakan sendiri jika renovasi diperlukan. Apapun skenario yang Anda rencanakan, mesti perhitungkan anggaran renovasi, karena biaya yang diperlukan cukup banyak.