Sering Diabaikan, Pola Lantai Harus Sesuai Fungsinya
Pola Lantai Jack on Jack (Foto: rr)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kebanyakan orang mengetahui pola lantai yang itu-itu saja. Bahkan, setiap datang berkunjung ke rumah akan menemukan pola yang sama dengan rumah lainnya.

Tentu hal itu membuat pola berbeda pada lantai bukan hanya untuk kelihatan berbeda atau bergaya, namun pola itu dipilih sesuai dengan kebutuhan dan fungsi serta lebih memaksimalkan kesan pada ruang.

Pola difungsikan untuk memberi kesan ruang yang atraktif atau justru meminimalisir desain ruang sangat ramai.

Ada baiknya untuk mengenal berbagai pola lantai bisa dipilih sesuai dengan kesan yang ingin ditampilkan.

Jack on Jack

Desain pola yang paling konvensional. Tiap potongan ubin disusun berjajar, tepi bertemu tepi. Seperti yang kebanyakan orang pakai untuk lantai rumahnya. Pola ini memberi kesan modern dan simpel, sangat cocok bila langit-langit atau dinding memiliki desain yang sudah ramai.

Herringbone

Pola yang mirip seperti tulang ikan. Jika dibandingkan, pola ini agak mirip dengan chevron. Perbandingannya bisa dilihat, kalau chevron dua keramik disatukan untuk membentuk huruf V dengan kedua ujung yang saling bertemu.

Sedangkan herringbone salah satu sisi ujungnya berada diatas ujung lainnya. Awalnya pola ini dipakai pada jalan-jalan di kota Roma, pilihan yang tepat untuk memberi kesan dinamis pda ruangan.

Terapkan pola yang di fokuskan sebagai titik fokus yang menonjol. Jika ingin lebih kompleks bisa dengan pola double herringbone atau diagonal herringbone.

Basket Weave

Kesan vintage bisa ditampilkan lewat pola basket weave yang mengikuti pola anyaman ini.

Bentuknya akan membuat seseorang teringat akan bilik-bilik bambu yang digunakan sebagai dinding pada jaman dahulu.

Pola ini disusun tiap 3 keping keramik dengan posisi horizontal dan kemudian tiga keping selanjutnya diposisi vertikal, lalu 3 keping horizontal dan begitu seterusnya.

Sering Diabaikan, Pola Lantai Harus Sesuai Fungsinya
Pola Brick (Foto: rr)

Agar lebih menarik bisa menggunakan dua warna yang berbeda, misalnya untuk keramik posisi horizontal menggunakan warna hitam dan keramik posisi vertikal menggunakan warna putih.

Brick

Selain jack on jack, ini  merupakan salah satu pola simpel yang mengikuti pola pemasangan batu bata. Pola ini memberikan kesan menyenangkan. Cocok untuk pemilik rumah yang ingin lantainya variatif, namun tidak ramai seperti pola-pola sebelumnya.