Bersantai Di Rumah Sendiri
Bersantai Di Rumah Sendiri (Foto:Pexel)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Untuk memperingati Hari Perempuan Internasional 2017, sebanyak 200 perempuan dari 9 organisasi perempuan yang tergabung dalam Gerakan Perempuan Cinta Pendidikan menyelenggarakan kegiatan bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, Rabu 8 Maret 2017.

Ketua Gerakan Perempuan Organisasi Masyarakat Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (Ormas MKGR) sebagai inisiator gerakan ini, Hetifah Sjaifudian mengatakan sekarang ini kualitas pendidikan terutama bagi anak usia dini dan pendidikan keluarga masih belum merata pada semua kalangan.

“Mereka yang miskin, kaum marjinal, mereka yang hidup di daerah terpencil, pedalaman, dan perbatasan masih banyak yang belum bisa mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan berkualitas,” tutur Hetifah yang berasal dari Bandung.

Bersyukurlah bagi Anda yang sudah merasakan pendidikan layak bahkan hingga mendapatkan gelar sarjana. Keinginan selanjutnya pasti ingin membahagiakan orang tua dengan jerih payah sendiri.

 

Punya Rumah Sendiri, Pasti Lebih Nyaman
Punya Rumah Sendiri, Pasti Lebih Nyaman

 

Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki. Masalah pada umumnya yaitu niat membeli dan disiplin mengumpulkan dana untuk memiliki rumah.

Sudah waktunya perempuan memiliki rumah sendiri, jangan sia-siakan pendidikan tinggi atau kemampuan Anda dalam mengumpulkan uang.

Perempuan tidak harus mengharapkan apapun dari seorang kekasih atau suami, jika bisa membantu pasangan tentu menjadi suatu kebahagiaan sendiri dan orang tua, bukan?

Hal pertama yang harus Anda punya adalah uang untuk DP. Setelahnya, bisa dilakukan dengan cara mencicil. Awalnya memang berat, namun inilah cara yang dapat Anda kurangi jika ingin DP segera terkumpul.

Uang transport

Bisa dibilang pengeluaran terbanyak bulanan untuk transportasi, khususnya bila Anda membawa kendaraan sendiri dan jarak tempat kerja dengan rumah sangat jauh.

Biaya BBM, parkir, serta tol jika dikalikan jumlah hari kerja memiliki nilai besar. Cobalah menggunakan transportasi umum. Lakukan perbandingan, berapa banyak yang dapat dihemat jika memakai transportasi umum.

Memang tak senyaman mobil pribadi, namun Anda juga bisa hemat energi karena tidak membawa kendaraan sendiri dan alokasi dana untuk DP rumah mulai berjalan dengan cepat.

Cek lokasi kerja

Jika memiliki pekerjaan dengan waktu yang fleksibel, sehingga memungkinkan Anda bekerja di mana saja (tak mesti di kantor) sebaiknya hindari bekerja di kafe.

Lebih baik lakukan pekerjaan di rumah dengan memasang WiFi sendiri dibandingkan harus membayar uang ngopi dan ngemil nyaris Rp.100 ribu per harinya. Lebih hemat di rumah, bukan?

Batasi camilan

Poin ini tidak hanya membuat kantong menjadi tebal lagi, tetapi bisa menyehatkan tubuh. Caranya, tetapkan aturan jika Anda sudah makan lengkap tiga kali sehari, tidak perlu ngemil. Jadi tidak ada lagi jajan di sore hari atau membeli kopi kemasan di malam hari.

Olahraga sendiri

Jika Anda termasuk orang yang mandiri dan tak mesti diajak teman untuk berolahraga, pikir ulang bila hendak menjadi member pusat kebugaran.

Pilih olahraga yang dapat dilakukan sendiri, misalnya lari di area olahraga yang tak jauh dari kantor, atau download aplikasi olahraga seperti 7 Minutes Workout di ponsel. Ikuti juga komunitas olahraga yang gratis, seperti lari atau yoga di taman.

Paket internet di smartphone

Bila mendapatkan koneksi internet yang bagus di kantor, dan rumah juga memakai fasilitas WiFi, sebaiknya tak perlu berlangganan paket internet di smartphone terlalu mahal.

Gunakan secukupnya hanya diluar rumah, sebab Anda masih bisa memakai fasilitas yang ada. Sebaliknya, jika Anda memang jarang di rumah, tak harus memasang WiFi di rumah, cukup gunakan paket internet di smartphone.