Selama Pameran, Rumah Dibawah Rp.1 Miliar Laku Keras
Pameran Indonesia Properti Expo 2017,, Rumah Dibawah Rp.1 Miliar Laku Keras (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co. id – Selama 10 hari pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2017, penjualan rumah dengan harga di bawah Rp.1 miliar laku keras.

Direktur Consumer Banking BTN Handayani menuturkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN membukukan transaksi sebesar Rp.8,36 triliun.

Nilai ini menjadi pertanda kebutuhan masyarakat masih sangat tinggi. Meskipun, tingginya penjualan tersebut belum bisa menyaingi keadaan pada 2013 lalu saat booming properti.

“Tren pertumbuhannya positif. Animo masyarakat terhadap properti atau rumah (dengan harga) di bawah Rp.1 miliar luar biasa,” kata Handayani, baru-baru ini.

Dia mengatakan bahwa kebanyakan properti yang terjual dibeli oleh para penghuni rumah pertama. Menurut Handayani, hal ini menjadi potensi yang menjanjikan bagi para pengembang.

Meski demikian, tingginya minat masyarakat tak berlaku untuk properti dengan harga di atas Rp.1,5 miliar. “Penjualan rumah dengan harga di atas Rp.1,5 miliar relatively memang butuh waktu,” jelas Handayani.

Adapun dari hasil transaksi yang dibukukan BTN, dari segmen konvensional, permohonan KPR terbesar dari segmen KPR non-subsidi Rp.5,42 triliun dan KPR Subsidi, prospek persetujuannya mencapai Rp.921,37 miliar.

Sampai hari terakhir IPEX, BTN mencatat penambahan rekening konvensional baru sebanyak 12.000 akun. Di sektor Unit Usaha Syariah (UUS) ada 1.519 akun baru selama IPEX Agustus 2017.

Perlu diketahui, hari-hari besar nasional, seperti perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, selalu dimaanfatkan konsumen untuk berburu rumah. Terlebih, bila momentum tersebut bersamaan dengan pameran properti.

“Karena biasanya suka ada promosi pas hari perayaan, apakah itu lebaran, natal atau HUT Kemerdekaan. Biasanya pengembang royal kepada konsumennya di saat seperti ini, apalagi ini pas pameran,” papar Rahmad Dahuri (38), pengunjung lndonesia Properti Expo (lPEX) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (18/8).

Sejak dibukanya 11 Agustus 2017 lalu, IPEX terus diramaikan oleh “pemburu rumah pertama” seperti Rahmad. Dia mengincar rumah pertama di kawasan pinggir Jakarta.

“Kalau pameran seperti ini pengembang banyak memberikan tawaran, mulai dari uang muka kecil dan cicilannya, hadiah langsung, sampai diskon besar-besaran,” Jelas Rahmad, saat ditemui di booth Harvest City, Cibubur.

Rahmad mengaku tertarik sebab pengembang ini memberikan banyak tawaran dan lokasi rumah yang dia cari di sekitaran Jakarta Timur hingga Bekasi.

Pengunjung lainnya, Budi Gunawan (35), mengaku telah memiliki rencana membeli rumah. Hanya, dia masih keberatan dengan besarnya uang muka dan cicilan per bulan.

Dengan gaji Rp.7,3 juta per bulan, lanjut Budi, dia memperkirakan dapat mencicil rumah di salah satu cluster Harvest senilai Rp.250 juta per unit dengan booking fee Rp.3 juta dan tenor selama 15 tahun. Per bulan cicilan yang ditanggungnya Rp.2,5 jutaan. “Paling tidak, ini bisa meringankan, karena cicilannya masih sepertiga dari gaji saya,” imbuhnya.