4 Ribu Rumah Rp.86 Jutaan Akan Segera Dibangun
Rumah Rp.86 Jutaan (Foto: bajaringancikarang)

 

BEKASI, INAPEX.co.id – Produsen papan semen Conwood (Siam City Cement Group/SCCC) akan membangun 4 ribu rumah Rp.86 jutaan yakni rumah instan yang memakai bahan papan semen selulosa.

Rumah Conwood, demikian namanya, dapat dibangun hanya dalam 7 hari dengan 7 orang tenaga kerja. Bekerja sama dengan pengembang, rumah ini akan dibangun di Kota Serang, Banten.

Commercial Director PT Conwood Indonesia Rizki Kresno menilai bahwa Rumah Conwood pada dasarnya sama seperti rumah biasa. Material dinding yang dipakai sifatnya sama seperti beton (concrete) hanya saja kalau beton memakai campuran agregat, Rumah Conwood menggunakan serat-serat selulosa.

“Rumah Conwood merupakan inovasi tenaga-tenaga engineering muda yang bekerja di pabrik Conwood Indonesia. Kami ingin sampaikan kalau secara produk kami bisa memberikan alternatif  lebih efisien dan ekonomis,” imbuhnya saat media visit ke Pabrik Conwood di Cikarang, Bekasi, Jumat (16/6).

“Untuk sementara pemasarannya belum bisa ritel, makanya kita menggandeng PT Zaneterra Star International untuk dipasarkan secara massal,” lanjutnya.

Saat ini, lanjut Rizki, kapasitas produksinya baru 300 unit rumah per bulan. Tapi infrastrukturnya sudah siap untuk memproduksi 1.000 unit per bulan karena itu SCCC menjalin kerja sama dengan Zaneterra untuk menyuplai 4 ribu unit dalam tahun ini.

Rumah Conwood memakai partisi, dinding, dan plafon dari papan semen, lantai berlapis keramik, dan atap memakai metal. Produknya telah diuji ketahanannya terhadap cuaca panas, dingin, uji akustik bahkan gempa. Hasilnya tak berbeda dengan rumah konvensional.

Adapun tipe yang tersedia tipe 25 m2 dan 36 m2 dengan harga pabrik Rp.55 juta/unit. Jika dihitung dengan tenaga pemasangnya totalnya Rp.80 jutaan/unit atau Rp.2,4 juta/m2.

Menurut Managing Director Zaneterra Stanley Sutisna, Rumah Conwood yang akan dibangun di Serang akan dikerjakan secara bertahap di sejumlah lokasi.

“Rumah Conwood ini yang paling siap terkait kapasitas produksi maupun kualitasnya. Rumahnya juga sudah anti rayap, tidak merambat api, ramah lingkungan, dan ekonomis. Kota Serang ini tahap pertama, ke depan kami akan mengembangkan rumah ini untuk kota-kota lainnya,” tuturnya.

Selain itu, untuk pertama kalinya, Conwood mengekspor rumah rakyat ke Bangladesh. Rumah dengan tipe 36 ini dibanderol seharga Rp 86 juta.

Sekarang ini, baru dua unit rumah yang dikirimkan ke Bangladesh. Pengirimannya menggunakan sebuah kontainer, dalam keadaan belum terpasang.

Presiden Direktur PT Conwood Indonesia Derek Williamson menuturkan bahwa hunian ini dibangun dengan memanfaatkan teknologi ramah lingkungan. Tak ada satu pun material kayu yang dipakai dalam pembangunan rumah ini.

Material yang dipakai untuk membangun rumah tersebut adalah semen dan serat fiber, dengan komposisi masing-masing 70 persen berbanding 30 persen.

“Hari ini kita melihat sebuah sejarah, mengirimkan rumah rakyat ke Bangladesh. Diperkirakan pengiriman itu sampai setelah lebaran,” jelas Derek.