Saat Mudik Lebaran Tol Ini Akan Digratiskan!
Jalan Tol (Foto: infotol)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Para pemudik yang akan melalui  Tol Trans-Jawa ruas Pemalang sampai Weleri di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, saat mudik Lebaran 2017, akan digratiskan.

Itu artinya, para pemudik dapat melewatinya secara cuma-cuma atau gratis. Hal tersebut bisa terjadi karena jalur ini masih berstatus fungsional.

Akan tetapi, untuk melalui tol dari Jakarta menuju Pemalang, para pemudik diharuskan membayar tol dengan tarif normal.

Oleh sebab itu, untuk memastikan kesiapan jalan tol saat mudik Lebaran 2017, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya meningkatkan pekerjaan pada ruas-ruas tol untuk target operasional dan fungsional.

“Kami terus berupaya memenuhi apa yang ditargetkan Pak Menteri (PUPR). Insya Allah sampai Pemalang akan beroperasi dan selebihnya optimistis fungsional sampai Weleri,” imbuh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto, di Gedung Bina Marga Jakarta, Rabu (5/4).

Lebih lanjut Arie menambahkan, pihaknya terus mengupayakan agar jalur fungsional bisa mencapai Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah.

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas Idul Fitri, Senin (3/4) kemarin memohon agar kemacetan panjang jelang keluar tol Brebes Timur sepanjang 18 kilometer pada mudik Lebaran tahun 2016 tak terjadi lagi.

Terlebih, lanjut Presiden, pada tahun ini telah hadir sejumlah ruas jalan tol baru yang sudah rampung dibangun dan siap dilalui.

 

Strategi awal untuk mencegah hal itu ialah dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk ke jalan tol agar antrean kendaraan dapat berkurang.

“Nantinya berdasarkan masukan semua pihak, sebelum antrean kendaraan mencapai dua kilometer akan segera dialihkan sehingga tidak terjadi kepadatan,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto, di Gedung Bina Marga Kementerian PUPR.

Kemudian, tambah Pudji, ada pula kemungkinan akan aturan nomor polisi ganjil genap digunakan sebelum memasuki jalan tol saat mudik nanti.

“Kalau kata masyarakat bagus, ya pemerintah untuk melindungi dan melayani masyarakat akan kami kaji, lihat, dan koordinasikan. Mana yang lebih banyak menguntungkan. Kemudian melaksanakannya,” ucap dia.

Menurut Pudji, hal tersebut sangat positif dan sudah terbukti mampu mengurangi kemacetan di Jalan Thamrin-Sudirman dan juga meminimalisir beban volume daerah.