Saat di Hotel, Hati-Hati Tungau Terbawa ke Rumah
Liburan di Hotel (Foto: ptb)

INAPEX.co.id, – Ketika hendak pergi berlibur, pada umumnya orang akan sangat bersemangat dalam menyiapkan barang yang akan dibawa meliputi pakaian dan alat mandi.

Sebaliknya saat liburan berakhir, orang akan malas berkemas dan cenderung seenaknya.

Tidak mempedulikan kerapihan, yang terpenting semua pakaian kotor bisa masuk ke dalam koper.

Padahal, kuman yang terdapat di hotel sangat berisiko menular ke rumah, terlebih apabila Anda suka menginap di dorm atau hostel yang banyak dihuni orang.

Maklum saja saat sampai di rumah malah terjangkit gatal bahkan bisa disertai iritasi kulit. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka dari itu tetap waspadalah terhadap insiden itu. Namun demikian, INAPEX.co.id akan memberikan solusi untuk menghindarinya.

Pisahkan dahulu pakaian kotor

Pakaian kotor saat liburan akan lebih baik jika dimasukan terlebih dahulu ke dalam plastik khusus atau laundry bag dan tutup rapat. Agar tidak bersinggungan langsung dengan koper yang akan membuat kotoran dan kuman-kuman menempel pada dasar koper.

Keluarkan pakaian di luar kamar

Ketika tiba di rumah, jangan langsung istirahat kamar. Melainkan, bersihkan tubuh dahulu dan ganti pakaian Anda.

Setelah itu, keluarkan semua pakaian dari dalam koper dan pakaian yang tadi Anda kenakan untuk direndam dengan air hangat agar kuman-kuman yang terbawa mati seluruhnya. Sebaiknya sikat gigi yang telah dipakai selama liburan tidak digunakan kembali di rumah.

Simpan koper di luar kamar

Jangan langsung menyimpan koper di dalam kamar ataupun lemari. Pasalnya, permukaan koper cukup kotor, sebab koper sudah masuk ke dalam bagasi pesawat , troli, Anda juga senang meletakkannya di lantai bandara, dan masih banyak tempat-tempat kotor lainnya yang sudah menempel pada bagian luar koper.

Bersihkan koper dengan menggunakan vacuum, lalu pakailah jasa laundry untuk mencuci koper.

Cuci tas-tas

Jangan lupakan tas ransel ataupun tas jinjing kecil yang digunakan untuk menyimpan dokumen, smartphone, dompet atau kebutuhan lainnya.

Segera kosongkan isinya dan cuci tas dengan merendam menggunakan air hangat dan deterjen anti kuman supaya kotorannya tak menyebar perabotan lain dan seprai kamar tidur.

(rmh)