Rusun Modren Pondok Pesantren Darul Hikmah Diresmikan, (Foto: pupr)
Rusun Modren Pondok Pesantren Darul Hikmah Diresmikan, (Foto: pupr)

 

TULUNGAGUNG, INAPEX.co.id,- Rumah susun (Rusun) Modern Darul Hikmah akhirnya diresmikan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono.

Peresmian yang dilaksanakan secara simbolis tersebut dilakukan di Kelurahan Tawangsari, Kecamatan Kedungwaru, Provinsi Jawa Timur.

Terlihat hadir, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Anggota Komisi V DPR RI Budi Yuwono, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin, Gubernur Provinsi Jawa Timur Soekarwo dan Bupati Kabupaten Tulungagung  Syahri Mulyo.

Seperti diketahui sebelumnya, proyek Rusun seluas 1.485 m2, luas tanah 3.000 m2 ini dibagun menggunakan dana APBN TA 2016.

Bangunan Rusun ini dibangun setinggi 3 lantai. Terdapat 6 los kamar yang memiliki kapasitas 22 orang dan 6 los kamar dengan kapasitas 14 orang. Sehingga secara total rusun ini mampu menampung sekitar 216 santri.

Kemudian, Rusun ini juga dilengkapi dengan sambungan listrik, sarana air bersih, meubelair, serta pagar sehingga siap untuk dimanfaatkan oleh para santri Putri.

Wapres menjelaskan membangun pondok pesantren modren sangat penting karena sudah mengikuti perkembangan zaman.

Pendidikan pada saat ini merupakan ujung tombak dari negara untuk berkelanjutan yang lebih baik dari negara-negara lain.

Dengan dibangunnya rusun pondok modren pendidikan akan mengikuti zaman yang lebih modern. “Ponpes ini kan modern, pendidikannya juga harus modern, mengikuti jamannya.” kata Jusuf Kalla.

Dengan diresmikannya rusunawa ini fasilitas yang ada diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menunjang pendidikan.

” Pendidikan menjadi modal anak didik dan cucu kita. Saya merasa puas dengan pembangunan ini, ini bisa menjadi contoh pembangunan rusun yang lainnya” tambah Jusuf Kalla

Program Pemerintah dalam penyediaan hunian vertikal dimaksudkan untuk membantu pemerintah kabupaten/kota dalam mencegah dan mengatasi tumbuhnya permukiman kumuh yang makin luas dan hampir tidak terkendali sebagai dampak dari meningkatnya jumlah pendatang terutama pelajar atau santri dari luar kota yang cenderung memilih tempat tinggal terjangkau di sekitar sekolah.

Masudin Ridwan Pembina Ponpes Darul Hikmah merasa sangat berterima kasih kepada Wakil Presiden, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah membangun Rusun Modren Darul Hikmah Tulungagung. Pembangunan Rusun ini dimulai sejak Maret 2016 dan selesai Desember 2016.

Dalam kesempatan kali ini juga diresmikan Mesjid Agung Ar-Ridwan yang berada dikomplek Rusun Pondok Modren Darul Hikmah.

“Santri selama ini mendapatkan fasilitas dan ruangan sangat terbatas untuk itu kami sangat bersyukur mendapatakan rusnawa sehingga memudahkan kita dalam proses belajar yang dilaksanakan dalam waktu 24 jam” ujar Arini yang mewakili pengajar di Pondok Pesantren Darul Hikmah.