Rumah Murah Bagi Pensiunan, Ini Caranya!
Rumah Murah Bagi Pensiunan (Foto: kabarbisnis)

 

SURABAYA, INAPEX.co.id, – Banyaknya pensiunan yang belum mempunyai hunian merupakan dasar ide peluncuran rumah murah yang dikembangkan PT Kokoh Anugerah Nusantara (KAN).

Pengembang berani menjalankan terobosan dengan menyediakan rumah untuk para pensiunan dan masyarakat non bankable yang belum memiliki rumah yang dikhususkan bagi masyarakat kelas menengah bawah.

Owner PT KAN, Kan Eddy menuturkan bahwa program ini terwujud setelah pihaknya menandatangani nota kesepahaman dengan Bank BTN.

“Jadi, program ini upaya kami memberikan kemudahan bagi mereka yang belum punya rumah, khususnya para pensiunan dan masyarakat yang tidak bankable,” ujarnya, belum lama ini.

Untuk bisa menikmati fasilitas ini, caranya dengan mengalokasikan pembayaran uang pensiun ke Bank BTN.

Setelah itu, BTN akan memberikan kredit rumah kepada pensiunan dengan tenor maksimal 10 tahun.

Padahal, bank biasanya tak mau memberikan kredit lebih dari 5 tahun kepada pensiunan. “Inilah yang membedakan dengan program lain,” paparnya.

Dengan gaji pensiunan sebanyak Rp.3 juta hingga Rp.4 juta. Jika mengambil rumah di Puri Kokoh dengan cicilan sebesar Rp.1 juta per bulan, mereka dipastikan sanggup membayarnya.

Sedangkan, bagi masyarakat yang dinilai tak bankable, dilakukan dengan menjadikan perusahaan Puri Kokoh sebagai afalis atau penjamin mereka.

Caranya, Puri Kokoh menempatkan dana senilai Rp.200 juta di BTN. Jika ada kredit macet, BTN dapat langsung mengambil dari simpanan dana ini.

“Kalau angsuran bulanan tak dibayar hingga enam bulan, kami akan melakukan buy back (pembelian kembali) atas unit rumah tersebut,” jelas Eddy.

Pihaknya berani melakukan hal tersebut, menurut Eddy, berdasarkan survei yang dilakukannya. Orang yang dianggap tak bankable yang belum punya rumah ternyata ketaatan membayar kreditnya lebih tinggi.

“Alasannya, rumah merupakan harta satu-satunya yang harus dipertahankan. Contohnya, proyek kami di Gresik, ada sekitar 50 unit yang dialokasikan untuk dua program ini,” tukasnya.

Dari total 500 unit rumah yang akan dibangun di Gresik, tipe Nusantara berukuran 36 sebanyak 400 unit (80%), sisanya 100 unit (20%) dibangun dengan tipe besar.

“Itu merupakan wujud dari komitmen kami sejak awal. Ceruk pasar di sektor ini sangat besar, karena memang belum banyak pengembang yang melirik rumah murah,” tegas Eddy.

Sejauh ini hanya satu setengah bulan saja, sekitar 200 unit rumah di Puri Kokoh Gresik telah terjual.

“Bulan April nanti, kami optimis 500 unit rumah yang kami tawarkan bakal ludes terjual semua,” tutupnya.

Selain itu, bagi Anda yang mencari rumah terjangkau lainnya dalam satu hari bisa mengunjungi pameran akbar Indonesia Properti Expo (IPEX) segera hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran yang diprakarsai PT. Bank Tabungan Negara (BTN Persero) Tbk bekerjasama dengan PT. Ad-house Indonesia Cipta tersebut akan menyuguhkan ratusan ragam proyek properti dengan harga terjangkau mulai rumah subsidi hingga apartemen mewah untuk lokasi diseluruh Indonesia.

Penawaran suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sangat menarik, hingga fixed 5% ini akan ditawarkan bagi setiap pengunjung yang ingin memiliki rumah sendiri hingga berinvestasi.

Kemudian, untuk peserta pameran yang tak bekerjasama dalam promosi bersama BTN, Bank akan mematok bunga 9,99% fixed 5 tahun, 9,5% selama 3 tahun, 9% untuk 2 tahun dan 7,99% fixed 1 tahun.

Penawaran menarik lainnya, yaitu Bank BTN akan memberikan uang muka atau down payment (DP) hanya 1 % untuk rumah bersubsidi, dan 5 % rumah non subsidi. Khusus untuk developer yang melakukan kerja sama promosi dengan milik BUMN tersebut, konsumennya juga mendapatkan free biaya administrasi dan biaya provisi.

Sementara untuk para konsumen yang hendak membeli rumah dari peserta pameran yang tak bekerjasama promosi akan memperoleh diskon biaya administrasi, diskon biaya provinsi bank dan diskon biaya premi asuransi jiwa.

Terbatasnya jangka waktu promo dengan banyaknya pilihan, disarankan datang ke pameran mulai dari hari pertama, 11 sampai 19 Februari 2017 mendatang, agar mempunyai waktu yang cukup untuk memilih.

Ratusan stand komersil developer perumahan, apartemen hingga kondotel dan puluhan stand untuk FLPP. Kemudahan lainnya dari Bank BTN yaitu tentang persyaratan KPR yang mudah, Approval KPR hanya 1 jam, jangka waktu KPR hingga 25 tahun, konsultasi KPR di Stand Bank BTN, konsultasi desain, dan sebagainya.

Tak hanya itu, cukup berkunjung saja tak harus membeli rumah namun juga berkesempatan untuk mendapatkan puluhan hadiah menarik.

Caranya hanya dengan melakukan registrasi dipintu masuk Hall A dan Hall B di JCC, para pengunjung akan berkesempatan mendapatkan hadiah yang dilakukan undian tanpa dipungut biaya apapun. Hadiahnya meliputi mobil, smart phone Samsung, TV LED, kulkas dan voucher belanja ratusan juta rupiah.