Rumah di Sawangan Tipe 60, Masih Ada yang Murah plus Kolam Renang
Rumah di Sawangan Tipe 60 (Foto: rumahdijual)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kantong hunian menengah dengan harga terjangkau di Sawangan, Depok, Jawa Barat, mulai beralih ke selatan di kawasan Parung, Bogor.

Saat ini, mencari hunian di bawah Rp.500 juta di Sawangan sangat sulit. Biasanya harga dibanderol lebih dari itu bahkan tak sedikit yang harganya mencapai Rp.1 miliar. Misalnya di Tamansari Puri Bali, Cahaya Garuda, Sawangan Residence Ideal, Citra Lake.

Tamansari Puri Bali yang dikembangkan Wika Realty berada di Jl Mawar-Bojongsari menawarkan rumah tipe 45/120 senilai Rp.800 juta dan 60/120 Rp.900 jutaan.

Rumah satu lantai ini dibangun di cluster baru Aruna sebanyak 133 unit. Tamansari Puri Bali sudah lama sold out dan baru membuka cluster baru setelah sukses membebaskan lahan sekitar 3,5 hektar.

Harganya tergolong tinggi sebab tidak hanya pengembangannya cukup bagus, lingkungannya asri dan hidup karena nyaris semua rumah sudah dihuni.

Manager Realty PT Wika Realty, Budi Santosa Kurniawan, menuturkan bahwa konsep yang ditawarkan rumah memiliki kaveling luas, sehingga pemilik bisa leluasa untuk menambah ruang suatu hari nanti. Lebar kavelingnya sekitar 8 meter, panjang 15 meter.

“Lahan di belakang masih cukup luas, nanti kalau butuh tambahan ruang, misalnya untuk kamar tidur, ruang servis atau buat ruang keluarga bisa dibangun sendiri,” jelasnya kepada pers di Depok, Jumat (17/3).

Sementara Sawangan Residence Ideal (SRI) menawarkan tipe 64/90 senilai Rp.895 juta. PT Buana Alam Megah Sentosa, pengembangnya, juga menawarkan tipe 36/90 Rp.675 juta.

SRI terletak di pinggir Jl Raya Bojongsari dilengkapi area komersial dan kolam renang. Harga rumah di kawasan tersebut semakin tinggi disertai semakin terbatasnya lahan untuk perumahan.

Tidak hanya itu, pengembang semakin yakin menaikan harga rumah sebab cukup dekat dengan dua jalan tol yang akan dibangun, yakni Depok – Antasari dan Cinere – Serpong. Dari kedua jalan tol ini jaraknya hanya 4-5 km. Fasilitas di kawasan ini juga memadai, seperti pusat belanja, RSUD Depok, kuliner, sekolah, dll.

Selain itu, pada kesempatan berbeda, Farpoint (Gunung Sewu Group) terus memasarkan properti untuk segmen premium (high end).

Sejumlah proyeknya dikembangkan di wilayah prestisius, seperti The Hundred di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, dan apartemen Verde 1-2 di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Apartemen Verde 1 yang dikembangkan tahun 2010 sekarang ini telah beroperasi. Dari 251 unit telah terjual 92 persen. Proyek dengan investasi sebanyak Rp.750 miliar ini harga sekitar Rp.45 juta/m2, naik 50 persen dari harga perdana yang dibandrol Rp.30 juta/m2.

Adapun Verde 2  yang mencakup 312 unit ditargetkan selesai tahun 2019. Investasi Verde 2 senilai Rp.2 triliun dengan harga jual senilai Rp.48 juta/m2. Untuk The Hundred yang sudah groundbreaking harganya Rp.60 juta/m2.