Ilustrasi (Foto: expodesainrumah.blogspot.com)
Ilustrasi (Foto: expodesainrumah.blogspot.com)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Investasi besar yang kemungkinan akan terjadi hanya beberapa kali dalam kehidupan anda, adalah memiliki sebuah hunian atau perumahan. Hal itu di sebabkan oleh biaya yang tidak sedikit untuk merenovasi hunian yang kita miliki tersebut.

Tidak jarang kita melihat hunian rumah yang pada awalnya tampak indah, segar dan nyaman bagi yang menghuni rumah tersebut, kemudian seiring berjalannya waktu tidak segar dan kusut atau terkesan dekil. Apa yang akan kita lakukan jika rumah kita dalam situasi seperti ini?

Salah satu solusi tepat yang bisa kita lakukan adalah Renovasi. Meski biaya yang kita akan keluarkan tidak tergolong kecil atau murah, namun angka nominal tersebut lebib murah bila di bandingkan dengan kita mengganti rumah. Selain itu, kita juga bisa menentukan bagian mana yang akan kita dahulukan untuk di perbaiki dan di percantik. Semakin banyak yang akan kita perbaiki maka akan semakin banyak biaya yang di keluarkan, jadi bisa kita perhemat dengan dilakukan secara bertahap sambil menunggu uang tambahan untuk biaya renovasi yang kemungkinan anda ambil dari menyisakan gaji atau penghasilan anda.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan ke komplek perumahan di daerah Bekasi, yaitu Komplek Perumahan Taman Galaksi. Di komplek ini pemilik  rumah berukuran 9 meter x 18 meter memutuskan akan melakukan perombakan atau sedikit perubahan pada fasade bangunan (Make Over).

Namun, di samping itu pemilik juga menambahkan beberapa item lainnya seperti penggantian material, peninggian lantai bangunan, serta penataan kembali taman. Untuk seluruh pekerjaan tersebut pemilik rumah yang bernama Ibu Sridewi, mempercayakan pada Amirul Design And Build. Untuk keseluruhan biaya pekerjaan tersebut mencapai Rp 300 juta rupiah. Apa saja yang di lakukan, kita simak berikut ini.

TITIK AWAL RENOVASI

Salah satu penyebab hunian ini terkesan sudah sangat lusuh dan dekil, adalah soal pemilihan warna cat, gaya dan material yang sudah terlewat jaman.  Pada saat ini desain rumah banyak terfokus pada gaya modern minimalis yang didominasi oleh garis tegas dan warna netral. Sedangkan rumah ini masih bergaya klasik modern yang memiliki banyak dekorasi garis2 lengkung dengan warna kusam.

RENOVASI FASADE

Dengan melihat design awal yang sudah kurang menarik, maka perlu di lakukan pembaruan fasade huian kearah modern style yang minimalis dan cerah. Atap perisai pada bagian depan rumah yang terkesan kuno sebelumnya, diganti dengan parapet atap datar dengan warna putih yang cerah. Pagar besi yang sebelumnya sangat dekoratif dirubah menjadi modern dengan garis garis yang tegak dan lurus.

PILIHAN MATERIAL BERTEKSTUR

Material batu alam yang bertekstur sebagai tambahan design rumah akan menambah aksen unik pada keseluruhan tampak muka terkesan lebih segar. Dipadu dengan rindangnya hijau yang datang dari pepohonan sekitar membuat tampah rumah ini terlihat sangat menenangkan.