Razia Kelayakan Angkutan Umum Dilakukan Secara Besar-Besaran
Ilustrasi (Foto: karanganyar)

 

UNGARAN, INAPEX.co.id – Petugas Terminal Bawen Kabupaten Semarang dan Direktorat Lalulintas Polda Jawa Tengah (Jateng), sepanjang Rabu (14/6/2017) telah mengadakan razia kelayakan angkutan umum.

Berbagai kelengkapan kendaraan mulai dari rem, lampu, penghapus kaca, sampai ban dilakukan pengecekan.

Kasi Sarana dan Angkutan Direktorat Lalulintas Polda Jateng, Kompol Aris Ribuana menuturkan bahwa razia kelayakan angkutan umum ini merupakan kegiatan rutin menjelang penyelenggaraan mobilisasi massal, seperti menjelang Idul Fitri.

“Seperti menjelang Lebaran ini, banyak yang memanfaatkan angkutan umum untuk mudik,” tutur Aris. Baginya, uji kelayakan ini untuk memberikan pelayanan yang baik dan keamanan bagi pemudik.

Pengecekan dikerjakan secara acak (random) sehingga tak semua bus diuji kelayakannya. Ketika di terminal Bawen, enam bis dilakukan pengecekan kelayakan.

“Kami cek kelayakan jalannya, baik itu kondisi rem, lampu, emisi gas buang, ban, kami cek semua. Kami tilang jika tidak lengkap,” jelas dia.

Dalam razia ini satu bus PO Taruna terjaring dan ditilang, sebab kaca depan yang pecah. Dia berharap, pengecekan kelayakan bus ini rutin dilaksanakan. Mengingat keamanan dan keselamatan pengguna angkutan umum adalah prioritas.

“Semoga bisa dilanjutkan dari Polres Semarang dan Dishub Kabupaten Semarang. Jadi tidak hanya sekarang,” pungkas Aris.

Tidak hanya itu, Polda Jateng juga mengimbau masyarakat, jika mendapati supir angkutan yang ugal-ugalan segera melaporkan hal tersebut kepada dinas terkait maupun kepolisian.

“Dari laporan itu petugas akan memeriksa perusahaan tersebut. Jika ditemukan kesalahan yang fatal, ijin trayek bisa dicabut karena dinilai membahayakan penumpang,” paparnya.

Sementara itu Pengatur Tingkat 1 Terminal Bawen Frangky Dariadi menuturkan untuk membedakan bus yang lolos uji kelayakan dan yang tidak adalah saat razia akan ditempel stiker layak jalan dari Kementerian Perhubungan.

Sedangkan bus yang tak layak jalan namun lolos razia di terminal Bawen, Frangky memastikan bus ini tak akan lolos saat masuk ke terminal lain. Pasalnya, razia uji kelayakan ini dilakukan serentak di seluruh terminal tipe A seluruh Indonesia.

“Kalau sudah layak di terminal sebelumnya di sini tidak usah diuji. Kami minta penumpang naik angkutan umum yang telah ditempeli stiker, karena sudah lolos uji kelayakan,” tutup Frangky.