Punya Uang Rp.18 Juta, Anda Pilih Beli Smartphone Atau DP Rumah?
Ilustrasi (Foto: dok.inapex)

 

INAPEX.co.id – Baru-baru ini smartphone terfavorit baik Android maupun IOS tengah ramai diperbincangakan. Harganya pun beragam mulai dari lebih Rp.10 juta sampai Rp.18,5 jutaan. Jika Anda punya uang sebanyak itu, pilih beli smartphone atau DP rumah?

Harga yang tinggi tersebut setara dengan fitur keren yang disematkan Android dengan ketahanan air dan debu serta keamanan menggunakan iris scanning atau fitur IOS dengan pemindaian wajah pengguna (Face ID).

Namun, bila dibandingkan dengan kebutuhan lain yang lebih primer, sepertinya uang senilai Rp.18 juta akan terasa sia-sia jika hanya digunakan untuk membeli seri smartphone termahal. Sungguh bijaknya bila dana yang ada dialokasikan untuk membeli rumah idaman supaya Anda terbebas dari rumah kontrakan ataupun indekos.

Berikut ini segelintir daftar rumah minimalis yang dapat Anda miliki dengan uang seperti membeli smartphone termahal.

Permata Hijau Bogor

Perumahan Permata Hijau Bogor rencananya akan menawarkan hunian sebanyak 500 unit. Kini, pada tahap I telah terjual lebih dari 130 unit rumah dalam waktu kurang dari dua bulan. Ini artinya, masih tersedia 370 unit lainnya yang dapat Anda pilih salah satunya.

Lokasi perumahannya terletak di pinggir Jalan raya Abdul Hamid, Cibungbulang, dilewati jalur angkot yang siap menghubungkan perumahan dengan pusat Kota Bogor. Harga rumahnya sangat terjangkau, senilai Rp.200 juta dengan uang muka Rp.20 juta (DP 10%).

Samasta Ciseeng

Samasta Ciseeng yang digarap oleh Young and Loud Development berdiri di atas lahan 4,6 hektar di Jalan Kuripan, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Perumahan yang memberikan harga rumah mulai Rp.155 juta tersebut tengah dalam proses pembangunan tahap pertama. Rencananya perumahan tersebut akan terdiri dari 380 unit. Pembangunannya akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pada tahap pertama yang sekarang ini tengah berjalan akan dibangun 216 unit.

Ada tiga tipe rumah yang tersedia di Samasta Ciseeng, yakni tipe Aubree 26/60 yang mempunyai satu kamar tidur, tipe Eiji 30/65 dengan dua kamar tidur, dan tipe Caldera 42/70 dengan tiga kamar tidur.

Bumi Sakinah 4

Sebanyak 900 unit rumah yang disediakan di Bumi Sakinah 4, ada berbagai tipe mulai dari tipe 25/60, tipe 36/60, dan tipe 36/72. Sekarang ini untuk tipe 36/60 tersisa 20 unit rumah lagi.

Rumah pun dapat diperoleh dengan cara Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Persyaratan pengajuan mencakup; membayar booking fee Rp.2 juta, DP rumah Rp.5 juta, dan biaya surat-surat Rp.5.350.000, yang seluruhnya mesti dilunasi diawal.

Untuk tenor 15 tahun, konsumen akan dikenakan cicilan sebesar Rp.1,2 juta untuk angsuran tahun pertama sampai tahun ketiga. Selanjutnya, di tahun keempat hingga masa angsuran berakhir, cicilan flat Rp.2,1 juta.