Presiden Jokowi saat meninjau Balkondes Tuksongo Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. (Foto: setkab)

 

MAGELANG, INAPEX.co.id –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja di Magelang, Jawa Tengah dengan meninjau Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tuksongo dan Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Dalam kunjungan Balkondes di Tuksongo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Presiden Jokowi meninjau maket, sentra UKM, dan fasilitas. 

Balkondes Tuksongo, dikelola oleh PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), memiliki fasilitas Rumah Joglo dan Plaza atau Amphitheatre sebagai panggung kesenian dan pentas budaya, ruang meetinghomestay enam unit, musola, toilet umum, toilet untuk kalangan difabel, taman, dua rumah limasan sebagai ruang pajang hasil usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan Resto, serta 1 limasan kecil sebagai lokasi workshop para pelaku UMKM.

Sementara itu, usai meninjau Balkondes Tuksongo, Presiden Jokowi melihat Balkondes Wringinputih. Kali ini, Balkondes Wringinputih dilengkapi arena olahraga tradisional dengan jenis panahan atau biasa disebut jemparingan.

Sebagai informasi, panahan atau Jemparingan, adalah seni memanah gaya Mataram yang dahulu sering digelar di seluruh wilayah kerajaan kuno Yogyakarta.

Hal yang membedakan dari Balkondes lainnya di wilayah Kecamatan Borobudur, di Balkondes Wringinputih seluruh kerangka bangunannya memakai bambu.

Sedangkan atap Balkondes Wringinputih bukan genteng, melainkan dari daun rumput dan pada bagian belakang bangunan juga dilengkapi dengan lahan untuk berlatih jemparingan dengan jarak sasaran 50 meter.

Balkondes merupakan salah satu program Kementerian Kementerian BUMN untuk ikut membantu pemerintah dalam meningkatkan jumlah wisatawan sekaligus mengangkat perekonomian suatu daerah.

Sebagai sebuah lembaga, Balkondes merupakan Interconnecting Tourism System berbasis komunitas, selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, juga pemberdayaan dan pengembangan SDM yang berbasis wisata.

Khusus di kawasan Candi Borobudur sebanyak 15 BUMN mulai mengembangkan Balkondes antara lain Balkondes PT Telkom Indonesia Tbk di Desa Tuksongo, PT Bank BTN di Desa Karanganyar, PT Bank BNI di Desa Wanurejo, PT Hutama Karya di Desa Kebon Sari, PT Bank BRI di Desa Tanjung Sari, PT Pertamina di Desa Wringin Putih, PT Semen Indonesia di Desa Candirejo.

Konsep pengembangan Balkondes digarap bersinergi dengan BUMN Pariwisata yaitu PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Persero, maupun dengan PT Patrajasa anak usaha Pertamina yang menjadi manajemen Balkondes.

BUMN mengalokasikan dana bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan (CSR) dikelola bersama desa atau kelurahan setempat dengan masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Mensesneg Pratikno, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

(setkab)