ilustrasi. (Foto: dok.inapex)
ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI bakal dijamin keamanannya oleh pihak kepolisian. Bahkan, usai nyoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masyarakat bisa menikmati sisa libur dengan mampir ke Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

“Kita patut apresiasi kerja keras pihak kepolisian untuk menjamin rasa aman di DKI, sehingga masyarakat bisa melakukan aktifitasnya dengan nyaman. Tak cuma itu, masyarakat juga berkunjung ke lokasi pameran Indonesia Properti Expo 2017 usai nyoblos di TPS masing-masing,” kata Direktur Operasional PT. Adhouse Indonesia Cipta (AIC) Igad Permana, saat ditemui INAPEX.co.id, saat persiapan jelang pameran di JCC Senayan, Kamis (9/2).

Secara terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir menjelang pilkada serentak.  Sebab, Polri menjamin hak politik warga dapat tersalurkan secara baik tanpa adanya intimidasi dan gangguan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Dijamin, hak politiknya dapat digunakan sebaik-baiknya tanpa intimidasi, tanpa gangguan apa pun. Dan tentunya partisipasi publik untuk mempertahankan ini sangat penting, terutama kita publik pun menjadi bagian penting dalam upaya mewujudkan pilkada yang aman, demokratis, dan damai,” tegas Boy di Baileo Siwalima, Karang Panjang, Ambon, Maluku.

Boy memastikan penyelenggaraan pilkada serentak 2017 ini akan berjalan dengan kondusif.
Berdasarkan pantauan di 101 wilayah yang akan menggelar pilkada, semua dapat dipastikan situasinya aman dan damai.

“Sejauh ini di Indonesia, terutama daerah yang melaksanakan pilkada di 101 wilayah, terpantau situasinya kondusif, aman ya,” kata Boy di Baileo Siwalima.

Kendati terdapat sejumlah daerah yang mendapat perhatian lebih dari pihak kepolisian.

Daerah tersebut adalah Aceh, DKI Jakarta, Papua Barat, dan Maluku. “Yang pertama, Aceh. Kemudian DKI, kemudian Papua Barat, Maluku, karena di sini juga ada lima juga ya. Itu menjadi bagian yang termasuk menjadi sorotan,” imbuh Boy di Baileo Siwalima.

“Dalam arti semua pada prinsipnya diupayakan proses pengamanan itu dilakukan secara maksimal dan sebaik-baiknya. Jadi bukan berarti ada perbedaan, tidak. Tapi pada prinsipnya semua wilayah dilakukan pengamanan yang maksimal,” sambung Boy di Baileo Siwalima.