Pasar Properti Masih Lemah, Rumah Subsidi Terus Diminati
Perumnas merupakan salah satu peserta pameran Indonesia Property Expo 2017. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Perumnas bakal jual rumah murah, cek lokasinya disini. Seperti diketahui, Perum Perumnas berencana akan meresmikan sejumlah pembangunan rumah murah di pinggir Jakarta. Diantaranya, rumah itu juga bakal dikembangkan dikawasan Cibungbulang dan Parung Panjang Bogor.

Direktur Produksi Perum Perumnas Kamal Kusmantoro membenarkan, Perumnas segara meresmikan terlebih dahulu pembangunan rumah di Cibungbulang atau sekitar bulan Juli 2017 mendatang.

Menurutnya, rumah ini tidak jauh dari Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah di Bogor, Perumnas juga akan meresmikan pembangunan rumah di kawasan Parung Panjang pada akhir tahun 2017.

Informasi mengenai lokasi pembangunan rumah murah yang dilakukan Perumnas yaitu bakal membangun 2.300 rumah di Cibungbulang, Bogor.

Separuh dari rumah tersebut akan diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan harga yang dibanderol Rp 133 juta untuk Masyarakat berpenghasilan Rendah (MBR).

Sementara rumah sederhana di kisaran Rp 200 juta-300 juta. Kemudian untuk mengetahui aturan terbaru soal mekanisme pemberhentian pengawai negeri sipil (PNS) yaitu melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2017, terdapat mekanisme pemberhentian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan penanganannya.

Dikutip dari laman Menpan.go.id, skema-skema itu di antaranya pemberhentian atas permintaan sendiri, karena mencapai batas usia pensiun, dan karena perampingan organisasi atau kebijakan pemerintah.

Rencananya, Perumnas bakal membangun 2.300 rumah. Separuh dari rumah itu diperuntukan bagi MBR. “Untuk rumah murah kurang lebih 1.200 unit, Juli kita launching. Kita lagi urus izin. Kalau tanahnya sudah ada 40 ha,” jelas Kamal Kusmantoro.

Terkait harga, Kamal menyebut sekitar Rp 133 juta untuk MBR. Sementara rumah sederhana di kisaran Rp 200 juta-300 juta. “Rencana seluruhnya 2.300 unit dan untuk 1.200 unit untuk MBR dengan harga sesuai FLPP wilayah Bogor yaitu Rp 133 juta, untuk RS harganya Rp 200 juta-300 jutaan,” paparnya.

Selanjutnya, Perumnas juga akan meluncurkan pembangunan rumah di kawasan Parung Panjang pada akhir tahun. Perumnas bakal menyediakan lahan seluas 56 ha. “Parung Panjang rencananya 56 ha, iya lebih besar,” tutur Kamal.

Namun begitu, dia menuturkan, masih terdapat lokasi yang belum dibebaskan seutuhnya. Hal ini membuat Perumnas belum bisa menentukan harga jual rumah. “Belum dihitung karena belum bebas, karena ada tanah kantung pengaruh harga,” pungkas Kamal.