Perumahan di Sawangan Masih Ada yang Rp.400 Jutaan
Perumahan di Sawangan (Foto: rumahdijual)

 

DEPOK, INAPEX.co.id – PT Jasa Marga Marga (Persero) melalui anak usahanya PT Jasa Marga Properti bersama PT Abdi Luhur Kawula Alit (KSO) mengembangkan perumahan di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Dengan menyandang nama LIPI Residence, perumahan ini berlokasi di Jl Arco menawarkan dua tipe yakni 36/84 dan 45/120 senilai Rp.449,9 juta dan Rp.666 juta.

“Harga tersebut sudah termasuk biaya AJB, balik nama, dan PPN, kecuali biaya proses KPR,” staf pemasarannya tutur Novel, kepada pers di Depok, baru-baru ini.

Untuk pembelian dengan KPR uang mukanya sebesar 10 persen. Tipe 36/84 misalnya dengan asumsi bunga 9,5 persen angsurannya sekitar Rp.4,2 juta per bulan selama 15 tahun.

Pengembang juga menyediakan pembelian secara soft cash dengan DP 30 persen (dibayar 3x), sisanya diangsur 8x. Perumahan ini nantinya akan dilengkapi taman bermain, ruko, sarana olah raga, dan tempat ibadah.

LIPI Residence bisa diakses dari Jl Raya Mochtar melalui Jl Pengasinan, dan Jl Raya Parung. Dari kedua jalan utama ini sekitar 4 km, kurang dari 15 menit perjalanan. Dalam radius 3-5 km tersedia fasilitas umum seperti RSUD Depok, Pasar Parung, sekolah, dan pusat belanja.

Selain itu, pada kesempatan berbeda, PT Adhi Karya Tbk yang tengah membangun light rail transit (LRT) dan mengembangkan properti di sekitar proyeknya.

Tahun 2017 ada enam proyek properti LRT City yang dikembangkan di dua jalur LRT, diantaranya Cawang-Cibubur-Bogor dan Cawang-Bekasi Timur. Ada tiga proyek yang dipasarkan, The Royal Sentul seluas 14 hektar, Easter Green Bekasi Timur, dan Gateway Park (5,2 ha) di Jl Kampung Baru STM Kapin, Jati Cempaka, Bekasi.

Sejumlah proyek yang dikembangkan departemen Transit Oriented Development (TOD) Adhi Karya ini bisa dibeli dengan bunga murah dari Bank Mandiri. Bunga kredit pemilikan apartemen (KPA) yang ditawarkan 5,99% per tahun (1 tahun pertama) dan 6,75% dua tahun berikutnya.

“LRT City dikembangkan sebagai kawasan hunian dengan gaya hidup praktis dan mobilitas cepat,” tutur Direktur Operasi ADHI Budi Saddewa Soediro, setelah penandatanganan kerja sama dengan Bank Mandiri di Jakarta, baru-baru ini.

Semua proyek LRT City terkoneksi dengan stasiun LRT, agar akses dan mobilitas warga mudah dengan menggunakan LRT dari rumah menuju stasiun hanya berjalan kaki.

Gateway Park mencakup satu menara apartemen iconic dan lima menara apartemen konsep resort. Jumlah huniannya sekitar 3.744 unit terdiri tipe studio hingga dua kamar berukuran 24-49 m2.

Harga mulai Rp.15 juta/m2. Amrozi Hamidi, General Manager TOD dan Hotel ADHI menuturkan bahwa kawasan yang akan dilengkapi mal empat lantai (28.000 m2) dan 20 unit ruko ini akan memakan biaya investasi sebesar Rp.1,9 triliun.

Proyek tersebut targetnya bisa rampung dalam 5 tahun. Pembangunannya dimulai Oktober, serah terima mulai tahun 2019.