Perhatikan Hal-Hal Ini, Sebelum Beli Sofa Baru
Membeli Sofa Baru (Foto: usnews)

INAPEX.co.id, – Ketika Anda terpikir untuk memiliki sebuah perabotan baru dirumah, mungkin hanya diawali dengan hayalan maupun angan-angan untuk memperindah kondisi diruangan.

Impian itu disaat Anda ingin membeli sebuah sofa baru alias tempat duduk yang dapat dirasakan sangat nyaman bagi para tamu spesial maupun kerabat keluarga dekat.

Untuk mewujudkan impian itu menjadi nyata, sebelumnya Anda harus bisa memilih sofa yang cocok baik secara kualitas maupun bentuknya.

Sofa cantik dapat dipilih dimulai dari bentuk potongan yang biasanya terdiri dari 1 sampai 3 sofa serta ditambah ekstra kursi bercorak sejenis.

Penentuan yang tepat terhadap sofa tersebut sangat berpengaruh pada dekorasi interior diruangan rumah. Sebaiknya Anda bisa memprioritaskan hal tersebut ketika ingin membeli sofa baru. Tak dapat dipungkiri, sofa berkualitas juga membutuhkan perawatan ekstra hati-hati.

Oleh sebab itu, membeli sebuah sofa selain harus merogoh kocek yang cukup besar, namun juga butuh biaya perawatan yang diluar dugaan. Karena itu, sebelum membeli sofa baru, tak ada salahkan jika mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut;

Sesuaikan ukuran sofa, meja dan kursi pendampingnya (jika ada) dengan ukuran ruangan berikut benda dekorasi lainnya. Jangan sampai area tersebut menjadi sempit dan menganggu.

Perhatikan tinggi punggung sofa

Hal ini harus diperhatikan, karena bisa mengganggu keserasian pandangan. Jangan sampai menghalangi pandangan pada saat menikmati dekorasi yang terdapat pada ruangan seperti patung, lampu-lampu hingga lukisan.

Sesuaikan dengan pilihan gaya dekorasi. Secara keseluruhan dan tempat mana yang paling cocok dimana sofa akan diletakan diposisi sangat tepat. Jika diletakan pada ruang tamu dengan kesan formal, maka pilihlah sofa yang tidak terlalu empuk.

Alasannya adalah tamu yang duduk akan terasa kesulitan bangkit dari duduknya. Mereka akan tenggelam ditelan oleh sofa jika terlalu empuk.

Perhatikan bentuk sofa

Pada saat duduk, telapak kaki harus bisa menginjak lantai dan tidak menggantung. Begitu juga dengan ‘kedalaman’ sofa, harus cukup untuk menampung seluruh badan saat duduk.

Bahan pembungkus sofa sangatlah bervariasi. Mulailah dari bahan katun, denim, kanvas, kulit sintetis, sutera, beludru hingga kulit asli.

Semua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahan dari kulit asli bisa awet hingga puluhan tahun, dengan perawatan yang baik dan benar. Atau bahan dari kain katun misalnya, mempunyai aneka ragam corak yang cantik, namun cepat robek

(btps)