Percantik Pagar Rumah Anda Dengan Pagar Bambu. (Foto: Rooang.com)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id –  Bagi pembaca yang menyukai hunian  dengan nuansa asri dan alami di lingkungan tempat tinggal anda, maka tidaklah perlu membeli sebuah rumah di suasana hutan seperti sebuah vila.

Ada cara sederhana dan murah untuk menciptakan nuansa alami tersebut, yakni dengan memanfaatkan batangan bambu dengan ukuran tertentu. Selain itu, bambu yang merupakan tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya dapat dimanfaatkan untuk membuat pagar.

Pagar bambu jika dibandingkan dengan pagar tembok ataupun pagar besi, maka dalam hitungan finansial akan terhitung paling murah. Selain itu, bambu ini sangat mudah didapatkan bahkan untuk masyarakat kota sekalipun. Tak hanya itu saja, kelebihan lainnya adalah membuat rumah terlihat lebih alami serta hijau sehingga kelihatan lebih segar dan fres.

Dalam mendesign pagar bambu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Kualiats Bahan:
Hal ini penting. Jika anda sudah memutuskan untuk membuat pagar bambu maka harus memperhatikan bahan bambu itu sendiri. Pilihlah bambu yang sudah tua karena akan mempengaruhi kekuatan pada pagar bambu yang akan anda buat. Bambu berusia tua akan lebih awet dan tahan lama, bila dibandingkan dengan bambu muda.

Desain:
Untuk desain model pagar bambu  ini harus dilakukan dengan benar supanya bisa bertahan jangka waktu yang panjang, Untuk mengakalin bambu supaya bisa bertahan lebihlama caranya bisa di rendam bambu itu ke dalam cairan kapur atau bisa juga di rendam ke cairan bensin, cara ini bisa menambah kekuatan pada bambu, karena hama bambu itu tidah mau memakannya.

Model pagar bambu minimalis akan tampil alami, Jikalau anda membangun sebuah rumah minimalis atau tempat tinggal yang desainnya alami, bisa anda aplikasikan dengan model pagar bambu minimalis akan terlihat semakin sempurna, dengan memakai pagar berbahan dari bambu akan tampil natural serta lebih hidup dan asri.

Bata Tempel

Sementara itu, jika anda ingin mempercantik lagi dengan hiasan lain sebagai pondasi pagar bambu agar terhindar dari lapuk. Maka bisa memanfaatkan Bata tempel yang biasa disebut bata hias.

Material dari bata hias ini dibuat dari tanah liat merah (lempung/clay) yang berkualitas tinggi dan diproses dengan mesin-mesin modern dalam hal cetak-mencetak batu bata.