Percantik Kamar Anak Supaya Betah
Kamar Anak (Foto: homedesigning)

INAPEX.co.id, – Terkadang banyak para orang tua yang dipusingkan lantaran persoalan sepele terkait perilaku putra-putri kesayangan Anda.

Tak jauh bedanya, dalam soal pilih desain untuk kamar yang terlihat nyaman agar membuat anak-anak lebih betah.

Hal pertama yang dilakukan yaitu mencari tahu tentang kesukaan anak tersebut. Terkadang orang tua dibuat bingung dengan persoalan ini.

Sementara antara anak laki-laki dan perempuan mempunyai kegemaran yang berbeda. Seperti misalnya anak laki-laki yang lebih menyukai karakter Superman atau anak perempuan cenderung lebih suka dengan boneka Barbie.

Jika sudah mengetahuinya, Anda akan lebih mudah mendesain satu per satu bagian dalam ruangan. Dimulai dari perlengakapan tidur hingga cat tembok.

Pilihlah warna cat yang sesuai dengan kebutuhan dan kegemaran anak. Perempuan biasanya lebih menyukai warna pink, sementara laki-laki cenderung suka dengan warna biru.

Selanjutnya, untuk memilih tempat tidur. Jika anak tidur sendiri, pilihlah tempat tidur single bed dengan berukuran sedang yang bisa disesuaikan dengan usia serta bobot anak. Carilah material busa yang aman bagi si kecil.

Belakangan ini muncul inovasi tempat tidur yang berisi air dibagian bawah. Ini juga dapat menjadi opsi tambahan bagi anda. Anak akan merasa nyaman dan senang tidur di kamarnya, mengingat sensasi gelombang air tersebut.

Akan tetapi, perlunya perhatian agar tidak terjadi kebocoran. Ketiga, pilihlah sprei yang nyaman dengan berbahan katun. Sesuaikanlah dengan motif tokoh atau kegemaran anak lainnya.

Berilah sedikit wewangian yang aman bagi kesehatan anak. Ini membuat anak merasakan kenyamanan dan ketenangan lebih dalam. Pasanglah alat pendingin ruangan (AC) yang dapat mencegah ruangan terpapar bakteri.

Harus diingat, jangan menyetel dalam suhu yang terlalu dingin untuk menjaga agar tidak masuk angin. Jika perlu, Anda masukkan elemen karpet yang dekat dengan kamar tidur.

Jika memungkinkan jangan yang berbahan dasar bulu, melainkan bahan menyerap dan tipis. Hal ini ditujukan agar membuat anak lebih leluasa pada saat bermain.

Terakhir, letakkan berbagai mainan favorit anak disekitar ruangan. Bisa juga menyediakan televisi jika memang ruangan cukup besar. Selalu dampingi saat anak sedang menonton televisi. Dengan hal ini maka anak anda bisa merasakan keamanan dan kenyamanan pada saat berada di rumah.

(bs)