Penghasilan Rp.4 Juta Bisa Beli Hunian Dekat Aeon Mall BSD
Ilustrasi (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Serpong, Tangerang Selatan, Banten, merupakan salah satu kantong hunian menengah atas dekat Jakarta. Namun, tak berarti masyarakat yang penghasilannya terbatas tak dapat tinggal di kawasan ini.

Di dekat BSD, terdapat perumahan Pandan Asri yang dikembangkan Eko Damai Mandiri bersama PT Adijaya Sukses Mandiri di Cisauk. Dari Aeon Mall BSD hanya 20 menit dan kurang dari 10 menit menuju Stasiun Cisauk.

Ada dua tipe yang ditawarkan 29/60 dan 36/70-72 senilai Rp.197 juta – Rp.265 juta.

“Dengan uang muka 20 persen tipe 29/60 angsurannya Rp.1,4 juta per bulan, terjangkau konsumen yang penghasilannya sekitar Rp.4 juta,” ujar staf pemasaran Pandan Asri, Bieyan Mulya, kepada pers di Jakarta, baru-baru ini.

Harga tersebut belum termasuk biaya proses KPR dan BPHTB (Bea Perolehan Hak atas tanah dan Bangunan) sebesar 5-6 persen (dari plafon KPR) dan 5 persen.

Jika KPR-nya ditolak bank, booking fee hangus dan uang muka dipotong 10 persen. Pilihan lainnya Perumnas Parung Panjang yang bisa ditempuh dari BSD hanya 15 menit dengan kereta komuter.

Perumnas menawarkan rumah dengan kaveling luas. Tipenya 36/90 seharga Rp.251 juta dan 45/105 Rp.353 juta (icl PPN). Dengan uang muka 20 persen tipe 36/90 angsurannya Rp.2,4 juta per bulan.

Uang muka 20 persen bisa diangsur 8 kali. Dari dua perumahan itu menuju Jakarta sangat mudah hanya dengan kereta komuter.

Terlepas dari itu, pada kesempatan berbeda, proyek kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta ditargetkan akan beroperasi pada Juli 2017.

Proyek yang telah lama dinantikan ini dibangun dengan investasi Rp.2,7 triliun. Target operasional tersebut untuk menyesuaikan dengan beroperasinya Terminal 3 Internasional.

“Kita akan kejar supaya proyek ini bisa beroperasi pada akhir Juli karena banyak yang menantikan transportasi yang aman dan cepat ke bandara. Kalau proyek ini sudah selesai kita bisa bangga karena nggak kalah dengan negara lain,” tutur Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau proyek KA Bandara didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Tangerang, Minggu (12/3).

Di wilayah DKI Jakarta kereta bandara akan berhenti di Stasiun Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper, dan Soekarno Hatta. Kereta ini diperkirakan dapat mengurangi 30 persen volume kendaraan yang menuju ke bandara.

“Kunjungan ini juga untuk mencari kesepakatan titik mana yang harus dibangun apa, mana yang harus dihijaukan, mana yang ditata. Jadi ini juga menjadi pembahasan bersama supaya hasilnya lebih baik dan komprehensif. Selain itu dibahas pula mengenai integrasi beberapa moda dengan kereta bandara ini, misalnya mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), Transjakarta, dengan kereta bandara,” kata Sumarsono.