Penakut? Ini Cara Mengatasi Suara-Suara “Aneh” Dalam Rumah
Seseorang Terkejut Saat Mendengar Suara Aneh Ketika Tidur (Foto: glp)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Jika terbangun di tengah malam dan mendengar suara-suara aneh dari plafon, kamar mandi, atau di antara dinding, jangan langsung berfikir bahwa terdapat aktivitas alam gaib di dalam rumah.

Tenangkan diri dan cari sumber bunyinya, lalu pikirkan jalan keluarnya. Berikut ini berbagai kemungkinan yang dapat terjadi di rumah Anda, berikut solusinya.

Pertama-tama, suara tetesan air dari kamar mandi. Adapun hal-hal yang dapat menimbulkan terdengarnya suara gemericik air.

Misalnya kerusakan keran, tak tertutup rapat saluran flush kloset atau ada aliran air yang mengalir di dalam pipa.

Untuk mengatasi hal tersebut, segera ganti keran di kamar mandi, mengecek kembali saluran kloset, dan membenarkan posisi katupnya, serta pastikan seluruh keran tertutup dengan rapat.

Kedua, jika ada suara ketukan lembut atau dentuman dari dalam dinding. Suara ini terjadi terus-menerus yang tentu sangat mengejutkan bagi yang mendengarnya.

Hal bisa jadi disebabkan tekanan udara pada pipa di dalam dinding. Tekanan udara tersebut menyebabkan pipa bergetar saat tekanan ini dilepaskan.

Menyelesaikan masalah tersebut tidaklah mudah, sebab Anda terpaksa harus mengecek pipa sendiri di dalam dinding. Hubungi tukang atau ahli perbaikan rumah segera.

Ketiga, dengung dari alat elektronik. Suara dengungan dari alat elektronik meliputi lemari es, pendingin udara (AC), dan kipas angin membuat sebagian orang merasa tenang, namun ada beberapa orang yang menganggapnya gangguan.

Dengungan dari pendingin udara umumnya terdengar dari unit eksteriornya, sedangkan bunyi-bunyian sejenisnya dari lemari es kemungkinan berasal dari motor kompresor.

Barang-barang elektronik model terbaru tidak akan mengeluarkan dengung bising sebesar barang elektronik tua. Mintalah saran ahli elektronik terpercaya untuk menangani masalah ini.

Keempat, derit dari mesin pengering pakaian. Saat mengeringkan pakaian, bunyi derit bisa terdengar jika muatan mesin melebihi kapasitas.

Alasan lainnya, bisa jadi pakaian di dalam pengering tak menyebar secara merata. Hentikan mesin pengering dan atur pakaian-pakaian agar seimbang di dalamnya.

Kelima, derit anak tangga kayu biasanya terjadi saat seseorang melangkah di atasnya. Pasalnya satu lempengan kayu dengan lempengan lainnya saling bergesekan hingga menimbulkan bunyi.

Hilangkan bunyi-bunyi tersebut dengan mengebor, memaku, atau mengelem papan kayu pada anak tangga. Cek kembali untuk antisipasi tak ada ruang untuk kayu-kayu saling bergesek.

Terakhir, bunyi gemerisik dan garukan di plafon dan dinding. Bisa dipastikan rumah Anda ditempati juga oleh hewan pengerat seperti tikus dan hewan-hewan liar lainnya. Segera basmi hewan-hewan tersebut agar tak jadi sumber penyakit.

(kps)