Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Foto: setkab)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Foto: setkab)

 

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Menjelang pemilihan kepala daerah serentak, Pemerintah tetapkan 15 Februari 2017 sebagai Hari Libur Nasional. Kesempatan tersebut, usai nyoblos dapat dimanfaat sisa liburan untuk mencari rumah dan apartemen di Pameran Properti Expo.

Ketetapan hari libur tersebut juga telah ditandatangani Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional.

Menurut Keppres ini, berdasarkan pasal 84 ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 bahwa pemungutan suara dilakukan pada hari yang diliburkan.

Lebih lanjut, Komisi Pemilihan Umum (KPU), menurut Keppres ini, melalui Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 telah menetapkan hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara pada hari Rabu, 15 Februari 2017.

“Menetapkan hari Rabu tanggal 15 Februari 2017 sebagai hari libur nasional dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak,” bunyi Diktum PERTAMA Keppres Nomor 3 Tahun 2017.

Di akhir Keppres, disampaikan bahwa Keputusan Presiden ini berlaku sejak tanggal ditetapkan yakni pada 10 Februari 2017 di Jakarta.

Salinan Keppres Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional dapat diunduh di Keppres Nomor 3 Tahun 2017.

Sebagai informasi, pilkada serentak ada di 7 Provinsi yaitu Provinsi Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Untuk tingkat kabupaten diselenggarakan di 76 Kabupaten dan 18 kota di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI bakal dijamin keamanannya oleh pihak kepolisian. Bahkan, usai nyoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masyarakat bisa menikmati sisa libur dengan mampir ke Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

“Kita patut apresiasi kerja keras pihak kepolisian untuk menjamin rasa aman di DKI, sehingga masyarakat bisa melakukan aktifitasnya dengan nyaman. Tak cuma itu, masyarakat juga berkunjung ke lokasi pameran Indonesia Properti Expo 2017 usai nyoblos di TPS masing-masing,” kata Direktur Operasional PT. Adhouse Indonesia Cipta (AIC) Igad Permana.