Pemerintah Minta Bantuan Mahasiswa Mengawasi Pembangunan Rumah
Ilustrasi (Foto: prasetya)

 

ACEH, INAPEX.co.id – Pemerintah Aceh Utara minta 1.165 mahasiswa yang dilepas sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM TIM I Angkatan ke XXII, Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh Utara, untuk mengawasi program pembangunan rumah dhuafa di 852 desa.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, menuturkan hal ini ketika melepas keberangkatan mahasiswa KKN di halaman Kantor Bupati Aceh Utara, Rabu (2/8).

“Saya minta mahasiswa membantu pengawasan efisiensi dan efektivitas dana desa. Spesifik lagi mengawasi program pembangunan dua unit rumah per desa untuk kaum duafa tahun ini yang bersumber dari dana desa,” jelas Fauzi.

Dengan program rumah ini, lanjutnya, Aceh Utara tahun 2017 dapat membangun 1.704 rumah dari total kebutuhan rumah dhuafa sebanyak 15.000 unit. “Saya ingin, lima tahun ini kebutuhan rumah untuk kaum dhuafa di Aceh Utara dapat terpenuhi,” tambahnya.

Selain itu, mahasiswa juga diminta mengawasi penggunaan dana desa supaya tepat sasaran. “Baik itu dana desa yang digunakan untuk infrastruktur, rumah dan lainnya. Semua harus efisien dan tepat sasaran,” imbuh Fauzi.

Sementara itu, Rektor Unimal, Prof Apridar memastikan sebulan ke depan, ribuan mahasiswa akan berkontribusi untuk pembangunan di semua desa.

“Misalnya mereka akan aktif dalam membantu desa membangun infrastruktur jalan, jembatan, rumah dan lainnya. Tentu sesuai keahliannya masing-masing. Mahasiswa yang bisa disain ya membatu dari sektor itu,” jelas dia.

Fauzi berharap pengabdian mahasiswa ini bisa dibantu oleh masyarakat di seluruh desa. “Sesuaikan adat istiadat di desa, dan menjaga sikap yang sopan santun dalam bermasyarakat,” terangnya.

Fauzi menuturkan bahwa mahasiswa bisa juga berperan untuk mengawasi dana desa itu. Sehingga uang tersebut benar-benar bermanfaat untuk desa. “Setiap desa mendapatkan 800 juta lebih per tahun. bila dimanfaatkan dengan baik, itu dana sangat besar untuk kemajuan desa,” jelas Apridar.

Mencari Rumah Murah?

Tanggal 11 sampai 20 Agustus 2017 nanti, pameran properti ini diselenggarakan PT Adhouse Indonesia Cipta. Acaranya sendiri akan berlangsung di  Jakarta Convention Center Senayan.

Melalui pameran ini, Bank BTN berharap dapat menjadi wadah dalam mempertemukan antara pengembang dengan masyarakat yang tengah memerlukan rumah.

Bagi pengunjung yang membeli properti apa saja di pameran, BTN akan memberikan 17 kemudahan diantaranya:

  • Suku Bunga / Margin Murah, 5.00 % (Fixed 1 Th & Cap 2 Th), 6.50 % (Fixed Rate 3 Th),
  • Uang Muka Ringan,
  • Diskon Provisi 50%,
  • Diskon administrasi 50%,
  • Diskon premi asuransi 20%,
  • Satu hari persetujuan KPR,
  • Pengajuan aplikasi KPR bisa dilakukan via online,
  • Program KPR bundling furnitur dan kendaraan bermotor, dan sebagainya.