Pemerintah Bangun 31.000 Unit Rumah Layak Huni di Kupang
Rumah Layak Huni di Kupang (Foto: sejutarumah)

 

KUPANG, INAPEX.co.id, – Guna mengentaskan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Kupang rencananya akan membangun 31.000 unit rumah layak huni.

“Masih banyak rumah warga di daerah itu yang tergolong belum layak huni. Pemerintah sudah bertekad untuk membuatnya menjadi layak huni,” tutur Bupati Timor Tengah Utara Raymundus Sau Fernandes, di Kupang, Senin (23/1).

Dia menuturkan bahwa teknis pembangunannya tengah dilaksanakan Dinas Perumahan bekerja sama dengan pemerintah desa dan kelurahan.

Pembangunan perumahan layak huni ini adalah bagian dari implementasi program yang termasuk dalam rencana startegis daerah (renstra) pembangunan 2016-2021.

Menurut Raymundus, Kabupaten TTU yang mempunyai 24 Kecamatan dan 175 desa dan kelurahan yang tersebar di sepanjang wilayah perbatasan dengan Distric Oecusse Negara Timor Leste tersebut, masih sangat tinggi angka kemiskinannya.

Pada tahun 2014, warga miskin di daerah tersebut mencapai angka 65,62 persen dari total keseluruhan penduduk 320.000 jiwa dan secara berkala menurun sampai 34,10 persen pada 2016.

“Salah satu indikator kemiskinan yaitu rumahnya yang belum layak huni, selain sejumlah indikator miskin lainnya,” paparnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten TTU bersama DPRD setempat menyetujui pembangunan rumah layak huni untuk warga di daerah ini.

“Pendataan warga miskin pemilik rumah yang tidak layak dilakukan pemerintah desa dan kelurahan, kemudian diverifikasi oleh dinas teknis untuk aksi pembangunannya yang dilakukan secara gotong royong,” imbuh Raymundus.

Dengan pembangunan rumah layak huni ini, diharap dapat mendukung terlaksananya aktivitas sehari-hari warga baik sebagai petani, peternak maupun profesi lainnya untuk kemajuan dan peningkatan ekonomi.

Selain itu, bagi Anda yang mencari rumah terjangkau lainnya dalam satu hari bisa mengunjungi pameran akbar Indonesia Properti Expo (IPEX) segera hadir di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran yang diprakarsai PT. Bank Tabungan Negara (BTN Persero) Tbk bekerjasama dengan PT. Ad-house Indonesia Cipta tersebut akan menyuguhkan ratusan ragam proyek properti dengan harga terjangkau mulai rumah subsidi hingga apartemen mewah untuk lokasi diseluruh Indonesia.

Penawaran menariknya, yaitu Bank BTN akan memberikan uang muka atau down payment (DP) hanya 1 % untuk rumah bersubsidi, dan 5 % rumah non subsidi.

Khusus untuk developer yang melakukan kerja sama promosi dengan milik BUMN tersebut, konsumennya juga mendapatkan free biaya administrasi dan biaya provisi.

Sementara untuk para konsumen yang hendak membeli rumah dari peserta pameran yang tak bekerjasama promosi akan memperoleh diskon biaya administrasi, diskon biaya provinsi bank dan diskon biaya premi asuransi jiwa.

Terbatasnya jangka waktu promo dengan banyaknya pilihan, disarankan datang ke pameran mulai dari hari pertama, 11 sampai 19 Februari 2017 mendatang, agar mempunyai waktu yang cukup untuk memilih.

Ratusan stand komersil developer perumahan, apartemen hingga kondotel dan puluhan stand untuk FLPP.

Kemudahan lainnya dari Bank BTN yaitu tentang persyaratan KPR yang mudah, Approval KPR hanya 1 jam, jangka waktu KPR hingga 25 tahun, konsultasi KPR di Stand Bank BTN, konsultasi desain, dan sebagainya.

Tak hanya itu, cukup berkunjung saja tak harus membeli rumah namun juga berkesempatan untuk mendapatkan puluhan hadiah menarik.

Caranya hanya dengan melakukan registrasi dipintu masuk Hall A dan Hall B di JCC, para pengunjung akan berkesempatan mendapatkan hadiah yang dilakukan undian tanpa dipungut biaya apapun.

Hadiahnya meliputi mobil, smart phone Samsung, TV LED, kulkas dan voucher belanja ratusan juta rupiah.