Pembelian Rumah di Bogor Meningkat Sangat Besar
Ilustrasi (Foto: kotabogor)

 

BOGOR, INAPEX.co.id – BTN merupakan bank yang fokus menyalurkan pembiayaan perumahan tapak dan vertikal (apartemen). Menurut Executive Vice President Non Subsidized Mortgage Lending Division Bank BTN, Suryanti Agustinar, kini pembiayaan perumahan dari Bank BTN porsinya 80 persen ialah rumah tapak dan sisanya apartemen.

“Sekitar 60 persen porsi pembiayaan kami masih di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bakasi),” imbuhnya di sela-sela acara topping off apartemen Gardenia Bogor di Jalan KS Tubun Raya, Kota Bogor, Kamis (28/9).

“Khusus untuk wilayah Bogor peningkatannya setiap tahun begitu pesat hingga 15-20 persen per tahun. Sementara dari jumlah unit yang terbesar (yang dibiayai BTN) dari proyek properti di Tangerang,” tambahnya.

Porsi penyaluran pembiayaan perumahan di Bogor, tambah Suryanti, hingga 20 persen dari semua kawasan Bodetabek dengan pembiayaan untuk sektor apartemen semakin meningkat.

Banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan di Bogor. Salah satunya Bogor adalah lokasi yang banyak dicari untuk hunian dan perekonomian masyarakatnya terus meningkat.

“Untuk terus meningkatkan pembiayaan khususnya untuk apartemen, kami memberikan banyak program maupun promo,” jelasnya.

“Seperti di apartemen Gardenia Bogor, kami mensyaratkan uang muka ringan mulai dari 10 persen dan bunga khusus delapan persen (tetap) untuk tiga tahun pertama, kemudian sembilan persen untuk tahun keempat. Setelah itu bunganya floating (mengambang mengikuti fluktuasi bunga pasar di counter Bank BTN). Banyak yang tadinya cicil langsung ke pengembang (tunai bertahap),  dialihkan ke kredit BTN,” tambah Suyanti.

Terlepas dari itu, pada kesempatan berbeda, Kawan Lama Group (KLG) melalui Kawan Lama Retail yang menaungi bisnis ritel penyedia perabot dan perkakas perlengkapan apartemen, rumah, hotel dan perkantoran, membuka Living Plaza di Jl Ir H Juanda 88, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan (Banten).

Gerai kelima tersebut menghadirkan toko ACE, Informa dan outlet minuman brewed tea asal Taiwan, Chatime.

Adapun ACE, di gerai tersebut adalah toko ke-13 di Tangerang dan ke-138 di Indonesia, sedangkan untuk Informa merupakan yang ke-7 di Tangerang dan ke-68 di Indonesia.

“Penambahan toko baru menjadi strategi kami untuk menjangkau konsumen lebih luas lagi,” terang Public & Customer Relations Manager Kawan Lama Retail, Prita Wardhani, usai peresmian gerai Living Plaza Ciputat, Jumat (29/9).

“Daya belinya bagus, apalagi pembeli rumah pertama kelas menengah tingkat konsumtifnya cukup tinggi karena masih ingin beli ini itu untuk mengisi rumah,” tutupnya.