Ilustrasi Layanan PTSP di Kelurahan Semper Timur. (Foto: BJ)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Untuk meningkatkan kemudahan, pelayanan perizinan secara online disambut antusias pengembang yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) DKI Jakarta.

Kemudahan itu direalisasikan melalui penerbitan PP No. 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik atau online single submition (OSS) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Melalui aturan baru tersebut, diharapkan mampu memangkas simpul-simpul birokrasi dan prosedur menjadi lebih sederhana.

Ketua DPD REI DKI Jakarta Amran Nukman mengusulkan, untuk aturan-aturan daerah seperti Perda, Pergub, SK Gubernur, dan peraturan sejenis lainnya yang belum sinkron dengan sistem OSS itu segera dicabut.

“Kalau sudah terintegrasi secara elektronik, kami berharap SDM-nya lebih bagus dan ada koordinasi yang baik antara dinas-dinas terkait (SKPD) sehingga tidak tumpang tindih lagi dalam proses penanganan perizinan,” katanya di acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD REI DKI Jakarta, seperti dikutip siaran pers DPD REI Jakarta di Jakarta, belum lama ini.

Dengan sistem OSS, Amran berharap bisa tercipta sistem yang lebih cepat dan tepat dan pada akhirnya mendukung pembangunan perumahan yang lebih efisien dan sederhana.

Implementasi langsungnya bisa diterapkan untuk program DP Nol Rupiah Samawa (Solusi Rumah Warga) yang mulai direalisasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 12 Oktober 2018.

Sistem yang lebih terintegrasi disebut Amran juga bisa digunakan untuk menghimpun secara kolektif kewajiban pengembang terkait hunian berimbang sesuai UU No. 1 Tahun 2011 dan 20 Tahun 2011.

Hanya saja harus ada aturan yang jelas untuk memastikan terkait lokasi lahan pengembangan, status kepemilikan, maupun skema pembiayaannya. Untuk itu perlu segera diadakan aturan turunan sebagai payung hukum.

“Kebijakan pemerintah yang harmonis dan cepat akan menciptakan iklim investasi yang sehat, sehingga investasi properti di Jakarta bisa terus memiliki tren pertumbuhan yang positif,” katanya.