Pakai E-Toll Diskon 20%, Lewat 14 Tol Saat Arus Mudik Lebaran
Pakai E-Toll Diskon 20%, (Foto: tangerangonline)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon 20 persen bagi pengendara yang memakai kartu elektronik (E-Toll) ketika bertransaksi di 14 jalan tol kelolaan perseroan.

Diskon ini berlaku pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. Arus mudik yang dikenai diskon adalah pada 22-26 Juni 2017 atau H-3 sampai dengan H+3 Lebaran.

“Sementara arus balik berlaku pada H+4 sampai dengan H+6, yaitu 30 Juni-2 Juli 2017,” papar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima pers, belum lama ini.

Kartu elektronik yang bisa dipakai antara lain e-money dari Bank Mandiri, TapCash BNI, Brizzi Bank BRI, Blink BTN, dan Flazz BCA.

Dwimawan menuturkan bahwa tarif diskon 20 persen tersebut berlaku di 14 jalan tol yang dikelola Jasa Marga.

Berikut ini daftar jalan tol kelolaan Jasa Marga:
1. Jalan Tol Jagorawi
2. Jalan Tol Jakarta-Cikampek
3. Jalan Tol Jakarta-Tangerang
4. Jalan Tol Dalam Kota Jakarta
5. Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo
6. Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), yaitu ruas Simpang Susun Kebon Jerok-Rorotan
7. Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR)
8. Jalan Tol Purbaleunyi
9. Jalan Tol Palikanci
10. Jalan Tol Semarang
11. Jalan Tol Semarang-Solo, yaitu ruas Semarang-Bawen
12. Jalan Tol Surabaya-Gempol, Ruas Dupak-Porong
13. Jalan Tol Belmera
14. Jalan Tol Nsa Dua-Ngurah Rai-Benoa

Terlepas dari itu, pada kesempatan berbeda, Seksi 1 Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang termasuk dalam Jaringan Tol Trans Sumatera dipastikan akan berfungsi pada lebaran mendatang.

PT PP (Persero) Tbk sebagai kontraktor seksi tol ini membenarkan hal tersebut kepada pers ketika berkunjung ke lokasi proyek.

“Seksi satu dari Sidomulyo-Pelabuhan Bakauheni dengan panjang 7 kilometer dari total 39 kilometer akan fungsional lebaran nanti. Ini untuk mengurai kemacetan ke Pelabuhan Bakauheni,” tutur Kepala Pelaksana Pembangunan Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni Defri Maulana.

Progres konstruksi keseluruhan seksi 1 ini ialah baru 47 persen. Defri menuturkan, dari totak panjang 39 kilometer, PT PP membagi pembangunannya ke dalam tiga zona.

Zona pertama dari KM 0 di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan sampai KM 9 Pelabuhan Bakauheni. Selanjutnya, zona kedua dari KM 9 hingga KM 27 di Kalianda dan zona ketiga dari KM 27 hingga KM 39+400 di Kalianda.

“Zona satu progres konstruksinya sudah 95 persen, zona kedua sekitar 15 persen, dan zona ketiga masih dua persen karena baru mulai. Secara keseluruhan sekitar 47 persen,” tutup Defri.

Kondisi jalan pada zona satu menuju Pelabuhan Bakauheni melalui Jalur Lintas Timur sudah cukup mulus dibeton. Akan tetapi, yang harus ditambahkan ialah bagian pinggir jalan dan juga rambu-rambu di sekeliling jalan tol ini.

Untuk semua Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Defri menuturkan bahwa PT PP akan menyelesaikannya berdasarkan kontrak yang ada atau pada April 2018 mendatang.