Orang Yang Lahir Tahun 90-an Dipaksa Membeli Rumah
Ilustrasi (Foto: dok.inapex)

 

INAPEX.co.id – “Orang yang lahir tahun 90-an dipaksa membeli rumah“. Kalimat ini terkesan negatif, namun jika kalangan milenial atau yang lahir tahun 1990 sampai 2000 mengetahui kenyataan yang ada saat ini mungkin akan merasa senang dipaksa bahkan tidak perlu dipaksa.

Pasalnya, bila ada yang bertanya kapan punya rumah, sebagian orang akan menjawab: “Nanti saja setelah menikah!” Atau alasan baru seperti nanti jika sudah sukses atau naik jabatan.

Padahal mencicil rumah sebaiknya jangan ditunda. Begitu Anda settled dengan pekerjaan, itulah saatnya Anda mesti segera mencari rumah impian. Berikut ini alasan kenapa harus mencicil rumah sesegera mungkin.

1. Harga rumah yang terus naik

Kenyataan yang terjadi di lapangan harga properti cenderung bertambah setiap tahunnya. Bila Anda menunggu sampai usia tertentu untuk mulai membeli rumah, tentu di saat Anda mencapai usia itu harga rumah sudah berbeda jauh dengan sekarang. Bahkan jaminan Anda mampu membayar cicilan belum terlihat.

2. Lahan yang makin sempit

Bukan hanya harganya yang selalu naik, lahan untuk perumahan di kota besar tentunya semakin menyusut bersamaan dengan bertambahnya jumlah penduduk.

Jika tidak segera mencari rumah dengan lokasi yang diinginkan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan rumah yang lokasinya semakin jauh, bahkan Anda keburu lelah duluan untuk mencapainya.

3. Jangka waktu lebih fleksibel

Bayangkan bila Anda baru mulai membeli rumah di usia 40 tahun. Mengingat usia produktif hanya tersisa 15 tahun lagi, Anda tidak bisa mengambil jangka waktu KPR yang lama, sesegera mungkin mesti dilunasi.

Padahal, jika mulai mengajukan KPR di usia 20-an, kemungkinan bank akan lebih mudah menyetujui ajuan KPR dan Anda dapat mengambil waktu cicilan yang panjang sehingga cicilan bulanannya tidak terlalu besar.

4. Umur masih produktif

Tidak bisa dipungkiri usia muda merupakan masa seseorang lebih semangat mencari tambahan penghasilan dibandingkan memasuki usia paruh baya nantinya. Pasalnya, semangat masih membara dan tenaga masih kuat.

Menjalani sejumlah pekerjaan sekaligus pun masih mampu dilakukan, sehingga Anda masih dapat mencari berbagai pemasukan untuk mencicil biaya KPR. Sambil menjalani pekerjaan rutin, Anda juga bisa membuka usaha sampingan. Misalnya usaha yang dikerjakan secara online.

5. Bebas utang lebih cepat

Lebih cepat mencicil KPR, lebih cepat juga Anda menyelesaikan cicilannya. Bila cicilan usai di saat usia belum terlalu lanjut, Anda masih memiliki waktu untuk mengalokasikan dana yang semula untuk KPR jadi dana lainnya. Sebagai contoh, digunakan untuk traveling bersama keluarga. Anda pun akan lega sebab telah bebas utang.