Mulai Rp.127 Juta, Tiga Perumahan Subsidi Strategis di Bekasi
Perumahan Puri Harmoni 2 (Foto: rumah)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kawasan Cikarang, Bekasi, memiliki tiga proyek perumahan murah dengan lokasi strategis. Sudah lama wilayah ini terkenal sebagai salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia.

Untuk mendorong kawasan industri ini, pemerintah berfokus pada pembangunan infrastruktur berbasis pengembangan wilayah.

Misalnya, pengembangan Cikarang Dry Port dengan menyediakan akses baru ke jalan Tol Jakarta-Tanjung Priok. Kemudian, lewat Sungai Cikarang-Bekasi-Laut (CBL) akan digunakan untuk konektivitas peti kemas langsung ke arah pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan membesarnya kawasan industri, secara paralel keperluan hunian juga banyak, sebab bertambah banyaknya pekerja. Apabila konsumen adalah salah satu pekerja di Cikarang yang mencari rumah murah, bisa memilih dari tiga perumahan ini.

  1. Grand Cikarang City

Perumahan bersubsidi atau dengan sistem Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tersebut dikelola oleh PT Sri Pertiwi Lestari dan PT Budi Langgeng Persada.

Berlokasi di Jalan Grand Cikarang, Karangraharja, Cikarang Utara, Bekasi, perumahan tersebut dikelilingi beberapa sekolah, pusat perbelanjaan Lotte Mart, dan pusat kebugaran.

Tipe yang dijualkan yakni memiliki luas bangunan 25 meter persegi dan tanah 60 meter persegi. Harganya dipatok Rp.133,5 juta, apabila menggunakan skema KPR hanya Rp.132 juta.

Uang mukanya sekitar Rp.1,5 juta jika ingin meningkatkan mutu bertambah Rp.28 juta jadi totalnya Rp.29,5 juta. Sedangkan untuk prediksi angsuran KPR selama 13 tahun sebesar Rp.1,17 juta.

  1. Puri Harmoni 2

Dikembangkan oleh Vista Land Group, perumahan ini berlokasi di Jalan Karang Anyar, Desa Karangbahagia, Sukatani, Cikarang, Bekasi.

Dengan luas 26 hektare, jumlah rumah yang dibangun ialah sekitar 2.500 unit. Tipe unit yang ditawarkan yaitu berukuran luas bangunan 36 meter persegi dan tanah 60 meter persegi.

Harganya dipatok mulai dari Rp.127 juta untuk skema KPR. Konsumen harus membayar uang mukanya sekitar Rp.8,5 juta dan administrasi Rp.6,5 juta. Perkiraan angsuran pembeli selama 10 tahun sebanyak Rp.1,35 juta per bulan.

  1. Pilar Gading Mas

Pengembangan rumah subsidi di Jagawana, Cikarang, Bekasi tersebut dijalankan oleh PT Indah Cemani Raya. Perumahan ini berdekatan dengan Stasiun KA Cikarang, Kantor Desa Sukaraya, dan Terminal Cikarang.

Tipe rumah berukuran bangunan 42 meter persegi dan tanah 72 meter persegi, seharga Rp.261 juta. Untuk pemesanan, konsumen hanya perlu membayar biaya booking sebanyak Rp.1 juta, sebanyak uang mukanya Rp.13 juta. Adapun untuk prediksi angsuran per bulannya ialah Rp.2,69 juta dengan tenor selama 20 tahun.

(kps)