Menabung Rp.28 ribu/hari, Bisa Pilih 3 Perumahan Bekasi
Villa Kencana Cikarang (Foto: villakencana)

BEKASI, INAPEX.co.id, – Kawasan Bekasi, Jawa Barat, terdapat tiga perumahan subsidi dengan harga terjangkau, tentu cicilan per bulannya juga rendah yang dapat dikumpulkan dengan cara menabung hanya Rp.28 ribu per hari.

Pasalnya, dengan membayar uang senilai Rp.20 Juta cukup untuk melunasi DP dan membayar biaya surat-surat. Berikut perumahannya;

 

Grand Tamansari Residence

Perumahan yang mengangkat konsep minimalis untuk semua tipe unitnya tersebut memasarkan hunian dengan harga terjangkau. Adapun rumah non-subsidi yang dipasarkan dibanderol Rp.248 Juta – Rp.557 Juta, ada juga rumah subsidi senilai Rp.133,5 Juta.

Contohnya, apabila Anda membeli tipe rumah subsidi, maka perhitungan kasar cicilan KPR per bulannya senilai Rp.836.989 dengan tenor 20 tahun dan suku bunga flat 5%. Jika dibagi 30 hari dalam satu bulan, maka Anda mesti menyisihkan uang sebesar Rp.28 Ribu untuk membayar cicilannya.

Villa Kencana Cikarang

Pengembang perumahan bersubsidi yang berada di kawasan Ki Hajardewantara tersebut mengaku, Villa Kencana Cikarang telah dihuni oleh lebih dari 2.500 kepala keluarga. Jadi, lingkungannya sudah ramai dan tertata.

Dengan harga Rp.133,5 Juta rumah subsidi ini menawarkan berukuran luas bangunan 25 m2 dan luas tanah 60 m2. Perhitungan cicilan juga serupa dengan membeli unit di Grand Tamansari Residence.

Bedanya, pengembang memberikan keringanan khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan ketentuan DP Rp.3 Juta dan booking fee Rp.1 Juta.

Green Sentosa Asri Cikarang

Selain itu, ada Green Sentosa Asri Cikarang. Menjual tipe Mas berukuran luas tanah 60 m2 dan luas bangunan 32 m2 dijual senilai Rp.135 Juta.

Fasilitas di dalam perumahan, pengembang membuat taman dan sungai buatan, yang berfungsi sebagai jogging track dengan nuansa river view. Fasilitas tersebut terbilang jarang dihadirkan oleh perumahan subsidi.

Syarat Penting Miliki Rumah Subsidi

Rumah subsidi tentu tidak semua orang dapat memilikinya, pembeli harus memenuhi syarat-syarat penting berikut;

  1. Berpenghasilan tetap maksimal Rp.4 juta per bulan untuk rumah tapak atau Rp.7 juta per bulan untuk rumah susun.
  2. Belum pernah menerima ataupun memiliki rumah dan belum pernah mendapatkan subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah.
  3. Sudah bekerja di perusahaan formal minimal satu tahun.
  4. Mempunyai NPWP, SPT, dan PPh.
  5. Tidak mengalihtangankan rumah tersebut selama lima tahun.

(rmh)